Memory card atau kartu memori merupakan sebuah perangkat yang berguna untuk menyimpan data-data pribadi kita. Perangkat tambahan yang berguna bagi para pengguna smartphone ini memang sangat banyak sekali digunakan karena fungsinya yang sangat membantu. Tapi bila sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada kartu memori kita seperti tidak bisa terbaca oleh perangkat

smartphone, bukankah itu sangat menyebalkan. Berikut adalah Cara Mengatasi Memory Card Tidak Terbaca Di Smartphone.

 

1. Hapus Semua Data Kartu Memori
Cara ini bisa digunakan apabila kartu memori tidak terbaca karena diakibatkan virus atau malware. Caranya adalah masuk setting => storage => erase SD Card. Cara ini memang dapat membuat semua data kita seperti foto, musik, video dan yang lainnya akan terhapus tapi nantinya kartu memori akan bisa digunakan kembali.

2. Cek Melalui Komputer
Cukup menyiapkan kabel USB dan komputer atau laptop untuk melakukan pengecekan kartu memori pada smartphone. Sambungkan smartphone dengan komputer melalui kabel USB, setelah itu cek pada komputer apakah smartphone tersebut terdeteksi oleh komputer, bila terdeteksi lakukanlahh scanning pada memori tersebut tunggu hingga beberapa menit. Setelah selesai coba lihat kembali memori pada smartphone Anda.

3. Format Kartu Memori
Ini adalah cara terakhir yang bisa kita lakukan apabila 2 cara diatas tidak bekerja. Kita harus melakukan format pada kartu memori agar dapat berjalan seperti biasa lagi, tetapi jangan lupa untuk mem-back up dulu data yang ada pada memori sebelum melakukan format.

 

Cukup sekian untuk hari ini :) semoga bermanfaat dan terima kasih :)