Tentunya saat ini keberadaan Smartphone dibutuhkan dalam kegiatan sehari – hari. Mulai dari menyimpan data, berkomunikasi, bisa juga menjadi penghibur dengan bermain game yang ada di Smartphone.

Tidak hanya itu kini pun sudah banyak tipe – tipe Smartphone loh. Mulai dari yang biasa sampai yang terbaru. Sekarang sudah banyak Smartphone yang menggunakan layar sentuh untuk mengoperasikannya. Dengan menggunakan Smartphone layar sentuh ini cara mengoperasikannya lebih mudah. Tapi layar sentuh ini memiliki kendala, seringnya kurang responsive dengan sentuhan atau sering macet. Bagaimana cara mengatasinya?

Berikut cara mengatasi layar sentuh Smartphone yang bermasalah:

1.Tidak Terlalu Memaksakan RAM

Karena bisa jadi salah satu penyebabnya adalah RAM yang terlalu dipaksakan untuk menampung data yang ada. Biasanya banyak juga yang tidak memperhatikan kapasitas RAM. Dengan selalu mengunduh game, music, dan data – data lainnya. Cara mengatasinya pengguna bisa menghapus sebagaian data yang sekiranya tidak penting atau yang sudah tidak digunakan lagi. Atau bisa juga menggunakan aplikasi Task Manager untuk lebih memastikan kembali aplikasi yang sedang berjalan di dalam Smartphone.

2.Me-restart Perangkat Smartphone

Hal ini biasanya ampuh untuk mengatasi masalah tersebut. Karena tidak hanya Smartphone saja, bahkan Android, Windows maupun iOS menggunakan cara ini.

3.Menggunakan Kalibrasi

Dengan menggunakan kalibrasi dapat menyesuaikan layar sentuh dengan sentuhan yang sudah disediakan oleh para developer perangkat Smartphone. Cara menggunakannya adalah:

  • Masuk ke menu display setting, atur ulang kalibrasi yang ada dalam perangkat. Jangan aktifkan fitur rotation.
  • Jika di Smartphone tidak ada setting kalibrasi, pengguna bisa mendownload aplikasi swiftkey keyboard. Di aplikasi tersebut terdapat pengaturan Touch Input.

Berikut cara mengatasi layar sentuh Smartphone yang bermasalah. Semoga bermanfaat ya teman – teman 🙂