Menyebalkan bukan saat aplikasi android kita tidak bisa dibuka ? Aktivitas dalam menggunakan smartphone akan terganggu, apalagi untuk Anda yang aktif menggunakan media sosial dan pencari informasi yang update di belahan dunia. Nah, hari ini ada beberapa cara mengatasi aplikasi android yang tidak bisa dibuka.

1. Clean Master

Aplikasi ini berguna untuk membersihkan cache dan data yang telah ditinggalkan aplikasi yang tidak bisa dibuka. Saat kita menggunakan sebuah aplikasi, secara otomatis akan menyimpan cache di dalam android dan akan menyebabkan file cache tersebut kadaluarsa dan harus kita hapus.

2. Aplikasi Tidak Compatible Dengan Smartphone

Jika Anda baru mengunduh sebuah aplikasi tapi tidak bisa membuka aplikasi tersebut, hal itu terjadi karena aplikasi tersebut tidak compatible dengan hardware atau software pada smartphone yang digunakan. Install ulang aplikasi tersebut di smarpthone Anda.

3. Gunakan Fitur Clear Data dan Force Stop

Semua smartphone android memiliki fitur ini. Clear data berguna untuk mematikan paksa aplikasi browser, sedangkan untuk force stop (matikan paksa) ini berguna untuk mematikan paksa aplikasi-aplikasi yang tidak berjalan atau tidak bisa dibuka. Mungkin bisa dikatakan seperti task manager pada windows bedanya pada fitur yang ada di smartphone ini data yang di force stop atau clear data akan hilang.

4. Reboot Smartphone

Cara yang terakhir adalah dengan melepas SIM-card, baterai dan micro-SD yang ada pada smartphone selama beberapa waktu, setelah itu pasang kembali SIM-card, micro-SD dan baterai pada smartphone.

Sekian artikel mengenai Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Dibuka, semoga bermanfaat.