Sekarang ini banyak perusahaan smartphone yang menjamin kalau smartphone keluaran perusahaannya aman dari virus dan serangan hacker. Namun tidak ada salahnya kalau kita sebagai pengguna berjaga-jaga agar smartphone kesayangan kita tidak menjadi sasaran empuk virus maupun serangan hacker. Sebenarnya smartphone yang kita miliki tidak menutup kemungkinan menjadi sasaran empuk hacker. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara mencegah smartphone terkena serangan hacker. 

 

  1. Perhatikan VPN

    Anda harus perhatikan Virtual Private Network (VPN) karena ini untuk keamaan yang perlu diperhatikan ketika terhubung dengan jaringan Wi-Fi. VPN ini memudahkan hacker untuk melihat data yang sedang ditransmisikan lewat jaringan Wi-Fi karena VPN akan mengenkripsi traffic internet Anda. Anda bisa menggunakan provider VPN third party, seperti Cloak.
  2. Aktifkan verifikasi ganda di setiap akun

    Sudah banyak perusahaan teknologi yang telah menerapkan fitur ini contohnya Google. Proses verifikasi ini akan meningkatkan keamanan akun yang Anda miliki.
  3. Abaikan link e-mail mencurigakan
    Capture
    Link yang mencurigakan pada e-mail masuk yang Anda terima lebih baik jangan dibuka karena itu bisa jadi virus yang dikirimkan via e-mail.
  4. Gunakan password untuk smartphone Anda

    Untuk menjaga data pribadi yang Anda simpan di smartphone, Anda bisa menggunakan password pada smartphone Anda. Kalau Anda menggunakan passcode maka tingkat keamanan smartphone Anda akan meningkat. Sebut saja Anda menggunakan 4 digit angka untuk passcode maka PIN tersebut akan memiliki 10.000 kombinasi acak yang aman. Namun, kalau Anda ingin lebih aman lagi bisa menggunakan 6 digit angka karena kalau Anda menggunakan 6 digit angka maka akan memiliki 1.000.000 kombinasi acak yang sangat aman.

Itulah beberapa cara mencegah smartphone terkena serangan hacker. Silakan diterapkan, kalau sudah diterapkan maka dijamin smartphone Anda akan memiliki tingkat keamanan yang meningkat. Lebih baik mencegah terkena hacker daripada mengobati kan? 🙂

Semoga bermanfaat