Banyak pengguna ponsel pintar yang mengeluh tentang baterai ponselnya atau bahkan tentang charger. Misalnya saja ada yang bilang kalau baterainya boros atau pengisian daya baterainya lama. Bisa jadi ada kerusakan pada charger ponsel tersebut. Tenang saja, ada beberapa cara memperbaiki charger ponsel yang rusak.

1. Charger yang berbeda pasti berbeda kemampuannya

Melakukan pengisian data melalui PC atau laptop dengan menyambungkan port USB pasti akan memakan waktu yang lama karena tidak bisa mengirim power yang cukup banyak. Lebih baik menggunakan socket dibandingkan dengan menyambungkan port USB ke PC atau laptop. Selain itu pastikan juga Anda menggunakan charger original untuk ponsel Anda karena walaupun menggunakan socket tapi bukan original tetap saja kemampuannya berbeda yang nantinya bisa jadi lebih lama dalam pengisian daya baterainya.

2. Tukarkan kabel charger dengan kabel charger yang lain

Menukarkan kabel charger dengan kabel charger yang lain bertujuan untuk mengetes apakah kabel charger tersebut bermasalah atau tidak. Apabila sudah ditukarkan dan tetap sama maka bisa jadi kerusakan bukan pada kabelnya tapi coba cek pada plug adapternya. Jangan lupa selalu pastikan kalau charger ponsel harus cocok dengan ponsel yang Anda gunakan.

3. Perbaiki port USB sendiri

Caranya matikan ponsel Anda dan lepaskan baterai (kalau baterainya sudah ditanam tidak apa-apa tidak dilepas), pakai benda kecil seperti tusuk gigi untuk menaikkan tab kecil di dalam port USB di ponsel Anda. Lakukan dengan sangat hati-hati, lalu masukkan baterai Anda dan coba charge hp kembali. Kebanyakan masalah ponsel tidak bisa di charge bisa diatasi dengan solusi ini.

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki charger ponsel yang rusak. Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 🙂