Cara Memilih MicroSD yang Tepat Untuk Smartphone – Sekarang sudah banyak kartu microSD yang tersedia. Banyak merek dan tipe-tipe yang ada di pasaran, tetapi tidak semua microSD dapat bekerja dengan baik. Jika pada saat ini diantara kita sedang mencari dan membutuhkan microSD lalu bingung harus membeli microSD yang seperti apa, artikel ini bisa membantu menjawab pertanyaannya. Pada artikel ini akan membahas cara memilih microSD untuk smartphone kita.

Kapasitas

Cara Memilih MicroSD yang Tepat Untuk Smartphone

Kita pasti akan  sering menemukan dua jenis kartu microSD -yaitu SDHC dan SDXC. Perbedaan antara keduanya adalah rentang dalam kapasitas yang tersedia. SDHC memiliki kapasitas 2GB – 32GB dan SDXC dapat berkisar dari 32GB – 2TB. Kita dapat memilih jenis kartu sesuai kebutuhan, jika data yang dimiliki memiliki size data yang besar bia memilih jenis SDXC dan begitupun sebaliknya.

Kecepatan

Setelah  kita memilih kapasitas , saatnya untuk memilih kecepatan. Kelas kecepatan microSD menentukan seberapa cepat membaca dan menerima data. Kelas – kelas tersebut yaitu:

  • Class 2, kelas ini merupakan kelas terbawah yang sebenarnya sangat tidak direkomendasikan.
  • Class 4, kelas ini setidaknya cukup baik untuk digunakan. Namun, alangkah baiknya beli kelas yang lebih tinggi.
  • Class 6, kelas ini yang direkomendasikan, sebab dengan harga yang terjangkau kita masih bisa menggunakan memori di kelas ini tanpa harus takut data kita korup.
  • Class 10, merupakan kelas terbaik yang bisa digunakan untuk smartphone Android kita.

Merek

Pilihlah microSD yang memiliki merek terkenal sebab reputasi sebuah merek itu sangat penting untuk hal seperti ini. Kita tidak mau kan data kitakorup karena pakai sembarang merek? Maka dari itu pilihlah microSD dengan brand yang meyakinkan.

Nah berikut 3 tips yang dapat saya bagikan pada hari ini semoga dapat membantu dalam memilih microSD yang sesuai dengan kebutuhan dan selamat membeli microSD 😀