Cara Membuat SIM Secara Online รขโ‚ฌโ€œ Surat Izin Mengemudi atau yang biasa kita sebut SIM merupakan komponen yang wajib dimiliki oleh para pengendara motor ataupun mobil. Tujuan dari pembuatan SIM ini selain untuk menghindari tilang yaitu sebagai bukti sahnya seseorang bisa diperbolehkan mengemudikan kendaraan di jalan raya sehingga tidak menyebabkan kecelakaan.

Untuk mendapatkan SIM, tentunya seseorang tersebut telah melakukan uji pengetahuan, kemampuan dan keterampilan untuk mengemudikan kendaraan di jalan raya. Hal tersebut sesuai dengan undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Mungkin beberapa diantara kalian tahu untuk membuat SIM tidaklah mudah. Namun, Korps Lalu Lintas (Korlantas) membuat terobosan terbaru untuk mempermudah dalam pembuatan SIM. Kini kalian bisa membuat SIM secara mudah dan praktis dengan online. Tak hanya membuat SIM, layanan ini juga bisa memperpanjang SIM.

Sistem ini bernama SIM Online. Kalian bisa gunakan sistem ini melalui situs website. Yang menarik dari sistem ini yaitu pendaftaran SIM Online bisa dilakukan tidak berdasarkan domisili. Proses pendaftarnan SIM online ini harus menggunakan e-KTP dengan pembayaran menggunakan ATM atau EDC tutur Kapolri Tito Karnavian.

Lalu gimana sih cara membuat SIM Online tersebut? Berikut langkah-langkahnya, silahkan disimak teman-teman :

  1. Buka situs web sim.korlantas.polri.go.id
  2. Klik menu pendaftaran SIM Online
  3. Pilih jenis permohonan, perpanjangan atau pembuatan SIM baru
  4. Selanjutnya kalian ikuti alur pendaftaran yang ada
  5. Isi form sesuai dengan data kamu
  6. Setelah pendaftaran berhasil, kamu bisa melakukan pembayaran melalui ATM, EDC atau teller diseluruh lokasi BRI. Mengapa harus BRI? Karena Korlantas Polri ini telah bekerjasama dengan bank BRI
  7. Lalu pihak kepolisian akan mengidentifikasi dan verifikasi data kamu
  8. Kalian akan menjalani ujian teori dan praktek
  9. Jika hasilnya lulus, SIM akan di cetak
  10. Selesai

Itulah cara membuat SIM secara online. Lebih efektif bukan? Semoga bermanfaat dan semoga proses pembuatan SIM nya sukses ya teman-teman. Gunakan SIM dengan bijak supaya kalian tidak ditilang di jalan raya. Terima kasih ๐Ÿ˜‰