Cara Membuat Komputer Atau Laptop Bekerja Lebih Cepat – Terkadang komputer atau laptop kita tidak merespon atau hang tanpa alasan apapun , ataupun membutuhkan banyak waktu untuk mengerjakan perintah dari si user dan itu cukup membuat kita merasa kesal apa lagi jika kita sedang dalam keadaan buru-buru yang membutuhkan si komputer bekerja dengan cepat.

Beberapa perangkat berperforma baik sesuai dengan konfigurasi hardware yang dimiliki tapi itu semua tergantung lagi pada kita. Bagaimana kita merawat perangkat kita dan membuat Laptop kita berjalan lebih cepat. Terkadang kita memiliki laptop dengan performa yang baik tetapi jika kita tidak dapat merawatnya dengan baik pun percuma saja.

Hari ini, pada artikel ini saya membahas beberapa faktor penting dan teknik yang dapat membuat laptop kita bekerja lebih cepat. Ini tidak berarti bahwa hanya dengan menggunakan langkah-langkah ini prosesor Dual core kita akan bekerja seperti Core I3, tentu saja tidak. Pada artikel ini akan memberikan beberapa tips agar perangkat kita menjadi lebih ringan dan dapat meningkatkan kecepatan komputer atau laptop untuk kinerja lebih baik secara keseluruhan.

1. Uninstall Program yang Tidak Diinginkan.

Jika kita berpikir bahwa perangkat lunak yang sekarang kita instal tidak mempengaruhi kecepatan dan kinerja suatu laptop atau komputer maka saatnya untuk mengubah pemikiran kita. Beberapa perangkat lunak yang diinstal menghabiskan sejumlah RAM dan memori CPU yang menggunakan tanpa sepengetahuan kita, dan jika perangkat kita memiliki banyak software seperti ini maka sudah di pastikan komputer atau laptop kita akan bekerja lambat. Jadi uninstall lah program yang tidak digunakan.

2. Disk Defragmentation.

Kebanyakan hard disk komputer memiliki pola berputar sehingga hard disk menempatkan data dalam tempat yang berbeda ketika menulis data baru, blok-blok data diciptakan sesuai dengan urutan perintah yang diberikan. Ketika Disk Defragmentation berlangsung blok-blok data yang sudah terbuat tersebut dikumpulkan berurutan kembali sehingga kedepannya pekerjaan membaca data lebih mudah, dengan demikin hal ini menghapus jarak antar file data yang berada dalam hard disk sehingga mempercepat kerja komputer kita. Caranya:

Buka “My Computer” >> kilik kanan pada drive yang ingin di Defragmentation  >> Properties >> Tools >> lalu pilih Defragment now.

3. Pasang Antivirus.

Antivirus juga memainkan peran penting dalam kecepatan komputer atau laptop. Anti-virus melindungi perangkat dari banyak file yang tidak diinginkan dan virus berbahaya. Setiap kali kita men-download, menginstal atau menyalin apapun dari usb atau CD ada kemungkinan untuk mendapatkan infeksi. Jadi, untuk melindungi perangkat yang diperlukan untuk kita bisa mengatasi dengan Anti-virus.

4. Error-checking.

Fitur ini memindai semua kesalahan yang terjadi dalam ruang hard drive. Jadi dengan memeriksa dan memperbaiki, kinerja keseluruhan drive akan menjadi jauh lebih baik. Caranya

Buka “My Computer” >> kilik kanan pada drive yang ingin di Defragmentation  >> Properties >> Tools >> lalu pilih Check now.

5. Disk Cleanup Dan Hapus Temporary Files.

Ini adalah salah satu cara lagi yang bekerja hampir sama seperti defragmentasi, yang menghapus semua file yang tersembunyi sementara dan yang tidak diinginkan. Hal ini juga menghapus recycle bin file secara otomatis. Jadi untuk menggunakan fitur ini ikuti langkah berikut.

Start >> My Computer >> kilik kanan pada drive yang diinginkan >> General  >> Disk cleanup.

Sekarang menghapus temporary files:

  • Start” >> Ketik di box search “Run” >> pada tampilan selanjutkan ketik “%temp%” lalu enter >> jendela baru akan muncul lalu pilih semua file dan hapus semuanya.
  • Lalu ketik “temp” di kota “run” lalu enter >> hapus semua file dan semua temporary files telah terhapus.