Cara Membuat dan Membuka File Zip Di Android (2017) – Pada era yang serba digital ini kita pasti selalu berhubungan dengan file – file digital. Entah itu urusan pekerjaan, sekolah dll . Dari file file yang kita punya biasanya ada beberapa file yang mesti di kirim via email. Kekurangan dari email ketika kita mengirim file yaitu tidak bisa bisa mengirim folder harus selalu file dan itu kadang membutuhkan waktu yang cukup lama jika filenya begitu banyak.

Dari masalah di atas, kita dapat mengakalinya agar bisa di kirim langsung satu folder yaitu merubah format di folder menjadi Zip. Merubah format folder ke Zip sudah sangat familiar jika di lakukan di Laptop atau Komputer. Setelah kita berhasil membuat folder dengan format zip tidak lengkap jika kita juga tidak bisa membuka file dengan format zip. Bagaimana jika ingin melakukan itu di Smartphone? Jika ingin tahu bagaimana caranya simak terus ulasan berikut ini:

Cara Membuat File Zip

Langkah 1: Download aplikasi ES File Explorer

Langkah 2: Install lalu buka aplikasi tersebut

Langkah 3: Setelah di buka pilih folder yang ingin kita rubah formatnya. Cari opsi “More” yang ber-icon baris titik 3 di ujung kanan bawah lalu pilih “compress”

Langkah 4: Tentukan jenis file yang diingkan apakah Zip atau 7z.

Langkah 5: Terakhir pilih “Ok” dan tunggu sampai proses selesai

Cara Membuka atau Extract File Zip Di Android

Langkah1: Buka aplikasi ES File Explorer

Langkah 2: Setelah di buka pilih file zip yang inginkan di extract

Langkah 3: Pilih menuĀ more – extract to dan tentukan lokasi dimana kita ingin menyimpan file tersebut, lalu jika sudah selesai klik Ok.

Dari kedua langkah di atas, membuat file zip pun memiliki keuntungan di sisi lain. Dengan kita mengkompres sebuah folder ke file zip dapat mengurangi pemakaian ruang di perangkat android kita karena ukurannya yang menurun.

Semoga artikel ini dapat membantu , dapat menyelesaikan masalah yang selama ini ada dan selamat mencoba