Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Sistem Android ini terkenal pada penggunaan Smartphone, dimana smartphone Android menjadi smartphone terfavorite saat ini.

Cara Membedakan Smartphone Android Asli Dan Palsu

Semakin besar suatu produk, maka semakin banyak pula para supplier yang berusaha untuk meniru atau memalsukan produk tersebut. Lalu bagaimana cara membedakan Smartphone Android yang asli dan palsu, berikut adalah cara nya :

1. Recovery Mode
Pastikan perangkat sudah dalam keadaan 100% mati, tekan tombol power, tombol volume,  dan tombol home secara bersamaan, dan jangan di lepaskan sampai produk tersebut hidup dan menampilkan sistem dari produk tersebut.
Hasilnya, Jika muncul robot hijau di sudut, dan tulisan mandarin, maka produk tersebut adalah produk palsu atau REPLIKA alias PALSU bin KW. Tetapi jika tampilan berbahasa ingris dan tampilan robot hijau di depan yang besar maka produk tersebut merupakan produk ORIGINAL.

2. Cara Dengan Perasaan.
REPLIKA/PALSU :
– Layar kurang responsive kurang peka atau kurang bening warnanya.
– Hasil Kamera nya agak burem, karena kamera yang aslinya VGA atau 1,3MP yang di rubah menjadi 8-13mp oleh suppliernya.
– Pada saat menggeser menu-menu di home screen secara cepat ke kiri ke kanan akan ada penyendat-nyendat.
– Smartphone akan lambat jika membuka lebih dari 5 apliaksi
– kualitas bahan HP kayak rentan

3. Tatap Muka
Bandingklan Smartphone Android secara bersamaan. Tapi untuk kasus ini, khusus HP Xiaomi/Redmi/Mi agak beda dalamnya karena memakai MiUI, jadi kalau palsu langsung ketahuan. Perbedaan yang terlihat pada Xiaomi yang asli adalah hasil kamera yang bening. JIka kamera pada Xiaomi buram maka itu sudah pasti palsu.

Itulah cara membedakan Smartphone Android yang asli dan palsu, semoga teman-teman tidak tertipu oleh harga yang lebih murah tapi memiliki kwalitas yang jauh berbeda. Semoga bermanfaat