Semenjak ada smartphone, memang sangat membuat segalanya menjadi lebih mudah. Salah satu aplikasi yang sangat berguna adalah aplikasi Google Maps. Aplikasi ini sangat berguna ketika kita sedang berpergian ke luar negeri atau ke kota yang baru kita kunjungi. Dengan kalian memasang aplikasi ini, kalian tidak perlu takut salah jalan asalkan Google Maps selalu terhubung dengan internet. Namun, kita tidak selalu memiliki koneksi internet. Salah satu cara menghemat kuota adalah mencari WiFi gratisan, tapi sayangnya tidak semua tempat yang itu menyediakannya. Oleh karena itu, kalian harus bisa memanfaatkan fitur Google Maps Offline. Apakah kalian sudah mengetahui cara memaksimalkan fitur offline pada Google Maps?

Fitur offline ini memungkinkan kalian untuk tetap menggunakan Google Maps sebagai navigasi tanpa membutuhkan koneksi internet. Berikut Cara Memaksimalkan Fitur Offline Pada Google Maps :

1. Mengunduh Peta yang Kalian Butuhkan

Ketika kalian dikantor atau ditempat yang tersedia koneksi WiFi, unduhlah peta dari kota atau negara yang akan kalian kunjungi. Caranya sangat mudah :

  • Pilihlah icon “tiga garis horizontal” yang terdapat dikolom Search pada Google Maps.
  • Lalu pilih Offline Areas
  • Kemudian kalian pilih tanda + dalam lingkaran yang berwarna biru dipojok kanan bawah.
  • Setelah itu kaian tentukan area yang ingin kalian download.

2. Simpan Peta Offline di MicroSD

Peta yang kalian unduh pasti ukurannya bervariasi, tergantung dari seberapa luas areanya. Semakin luas areanya maka semakin besar juga ukuran filenya. Dan hal ini, pasti menghabiskan memori inernal pada smartphone kalian. Tapi tenang saja karena Google kini menyediakan pilihan untuk menyimpan file dari Google Maps ke microSD. Jadi nanti ketika kalian akan mengunduh peta dan Google Maps akan bertanya lokasi untuk menyimpan file, kalian hanya perlu memilih SD Card dan OK.

3. Mengakifkan Pilihan WiFi Only

Dengan kalian mengaktifkan WiFi Only itu akan membuat Google Maps hanya bekerja ketika terhubung dengan WiFi. Caranya sangat mudah sekali :

  • Pilih icon “Tiga haris horizontal” yang terdapat dikolom Search pada Google Maps.
  • Kemudian kalian scrool kebawah
  • Pilih Settings, dan aktifkan WiFi Only

Dalam mode WiFi only, peta yang telah kalian unduh ini tetap bisa digunakan. Begitu juga dengan aplikasi lainnya itu tidak akan berpengaruh. Bahkan dengan mengaktifkan mode WiFi Only ini bisa menghemat baterai kalian.

Nah, itulah Cara Memaksimalkan Fitur Offline Pada Google Maps. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat.