Cara Kerja GPS Pada Smartphone – Global Positioning System atau yang lebih dikenal dengan GPS sudah menjadi suatu andalan baik untuk kegiatan sekedar melacak perkiraan jumlah tempuh perjalanan atau untuk melakukan perjalanan dengan tujuan yang belum diketahui lokasinya.

GPS umumnya berada pada perangkat smartphone atau tablet yang mudah untuk dibawa dan digunakan. GPS digunakan untuk menentukan lokasi letak permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan (Synchronization) dengan sinyal satelit, jumlah perangkat satelit yang digunakan berkisar 27 perangkat yang 3 perangkat sebagai cadangan jika terdapat perangkat satelit lain yang tidak dapat berfungsi dengan baik. Perangkat satelit tersebut mengirim sinyal mikro ke bumi lalu ditangkap dan diterima oleh perangkat GPS yang ada di bumi yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi lokasi, kecepatan, arahan dan waktu.

Cara Kerja GPS Pada Smartphone

Setelah smartphone menangkap sinyal GPS dari satelit selanjutnya adalah smartphone melakukan sistem kerja GPS. Untuk cara kerja GPS pada smartphone hampir sama seperti cara kerja sebuah smartphone atau ponsel biasa dengan masing-masing operator yang digunakan.

Pada dasarnya sebuah ponsel memiliki kemampuan untuk berkomunikasi 2 arah dengan BTS (Base Transceiver Station) yang merupakan sebuah elemen yang dapat berhubungan dengan semua ponsel dengan menggunakan operator telekomunikasi yang bersangkutan.

Untuk smartphone yang memiliki fitur GPS haruslah memiliki minimal 3 perangkat satelit yang tepat berada di atas lokasi dimana kita berdiri agar penentuan lokasi semakin akurat sehingga tidak ada miskalkulasi lokasi dari sinyal yang diberikan oleh satelit tersebut. Namun, terkadang sinyal yang di berikan oleh perangkat satelit ke perangkat GPS dapat juga terganggu dengan adanya hambatan seperti cuaca, menara-menara yang mengeluarkan sinyal radio lain, bentuk geografi yang tidak rata seperti gunung, ruang tertutup seperti di dalam lift dan gedung-gedung tinggi.