Cara Infaq Menggunakan Fasilitas Digital – Infaq adalah pengeluaran sukarela yang di lakukan seorang muslim setiap kita mendapatkan rezeki. Menurut bahasa infaq berasal dari kata anfaqa yang berarti mengeluarkan harta untuk kepentingan sesuatu. Infaq adalah mengeluarkan harta yang mencakup zakat dan bukan  zakat. Infaq ada yang wajib dan ada yang sunnah. Infaq wajib diantaranya zakat, nadzarm kafarat, dll. Infaq sunnah diantaranya, infaq kepada fakir miskin sesama muslim, infaq bencana alam, infaq kemanusiaan, dll.

Zakat adalah jumlah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya menurut ketentuan yang telah ditetapkan oleh syariah contohnya seperti fakir miskin.

Wakaf menurut hukum Islam dapat juga berarti menyerahkan suatu hak milik yang tahan lama zatnya kepada seseorang atau nadzir (penjaga wakaf) baik berupa perorangan maupun berupa badan pengelola dengan ketentuan bahwa hasil atau manfaatnya digunakan untuk hal-hal yang sesuai dengan syari’at Islam (M. Zein, 2004:425).

Canggihnya teknologi diera yang serba digital kini mampu membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan untuk infaq saja kita sudah bisa melakukannya menggunakan sebuah aplikasi bernama E-infaq.

Cara Infaq Menggunakan Fasilitas Digital

E-infaq adalah layanan berbasis digital yang bisa kita akses pada smartphone kita, dan dapat digunakan semua kalangan untuk sedekah secara non tunai. Ini adalah hasil dari pengembangan Bank Indonesia, dan akan mulai dicontohkan di lokasi Makassar, Sulawesi Selatan. E-infaq juga bekerjasama dengan bank nasional yaitu BNI. Aplikasi E-infaq ini nantinya akan diperkenalkan kepada masyarakat mulai dari masjid hingga panti asuhan.. Aplikasi ini memberikan 3 kaidah yaitu infaq, zakat, dan wakaf.

Terdapat 3 pilihan penyaluran dari infaq non tunai ini yaitu ke Baznas, lembaga-lembaga serupa lainnya, atau langsung menyalurkan ke sasaran penerima. Namun E-infaq ini belum menentukan target yang ingin diraih, karena E-infaq ini belum dikenal banyak oleh kalangan masyarakat. Jadi tujuan utamanya yaitu sosialisasi tanpa adanya target pencapaian.

Nantinya jika aplikasi ini berhasil dijalankan dan menyentuh target sasaran, maka aplikasi E-infaq ini akan dikembangkan lebih besar lagi. Apalagi zaman sekarang masyarakat tidak terlepas dari yang namanya smartphone, besar kemungkinan aplikasi infaq berbentuk digital ini bisa diterima oleh masyarakat.

Itulah cara infaq menggunakan fasilitas digital, semoga dengan aplikasi ini kita semua tidak lupa akan pentingnya infaq bagi umat islam. Semoga bermanfaat teman-teman 😉