Cara Download Aplikasi Tanpa Google Play StoreGoogle Play Store telah banyak menghapus aplikasi-aplikasi dengan alasan-alasan tertentu yang membuat Google Play Store menghapusnya. Alasan yang paling umum adalah aplikasi yang melanggar kebijakan- kebijakan. Tidak sedikit aplikasi yang di hapus sangat bermanfaat bagi kita dan kita merasa kehilangan dengan di hapusnya aplikasi tersebut. Setelah aplikasi dihapus tenang saja, harapan-harapan untuk mendapatkan lagi aplikasi tersebut tidak akan pupus begitu saja. Kita mungkin belum menyadari bahwa aplikasi yang sudah tidak lagi tersedia di Google Play Store masih bisa diinstal pada perangkat Android kita melalui proses yang dikenal sebagai sideloading .

Berikut adalah cara untuk melakukannya:

Siapkan Perangkat

Dari smartphone atau tablet yang telah menggunaka Android 4.0 atau versi yang lebih tinggi. Lanjut ke menu Settings, gulir ke bawah pilih menu Security dan pilih Unknown sources. Dengan memilih opsi ini akan memungkinkan kita untuk menginstal aplikasi di luar Google Play Store. Tergantung pada perangkat kita, support atau tidak dengan aplikasi yang ingin di install

Cara Download Aplikasi Tanpa Google Play Store

 

Mengunduh aplikasi

Langkah berikutnya, kita akan menemukan sebuah file Android yang juga dikenal sebagai APK yang merupakan cara aplikasi Android didistribusikan dan diinstal. Setelah membuka akses tersebut, kini kita dapat mendownload sebuah aplikasi (atau APK) dari sebuah link download. Perlu di ingat sebaiknya kita men-download file APK dari pengembang atau perusahaan terpercaya.

Misalnya Grooveshark, layanan streaming musik online gratis, sebelumnya ada di Google Play Store. Setelah perselisihan dengan Google, lalu aplikasi resmi telah dihapus. Grooveshark sekarang menawarkan aplikasi pada situs Web-nya bagi pengguna sideloading.

Proses

Kita dapat men-download file APK pada perangkat mobile atau di komputer kita. Untuk memulai men-download file APK lebih baik menggunakan Google Chrome atau browser Android. Setelah men-download biasanya folder yang telah di download akan terletak di folder ‘downloads’ yang ada di ponsel atau komputer kita. Klik aplikasi yang telah di download (biasanya berakhiran ‘.apk’), dan kita biasanya akan mendapati sejumlah pop-up yang akan menanyakan ulang apakah kita ingin melakukan verifikasi dengan Google untuk memastikan apakah file APK tersebut berisi malware, atau untuk menginstall seperti biasa.

Pilih opsi pertama terlebih dahulu, baru kemudian ikuti instruksi instalasi. Kita akan menemui sejumlah apps permissions serta opsi untuk menginstall, mirip dengan pilihan ketika menginstall via Google Play Store. Klik install dan setelah proses tersebut berhasil, kita bisa memilih untuk tap opsi Done atau buka aplikasi langsung dari opsi tersebut. Untuk amannya, akan lebih baik untuk kembali ke Settings lalu menonaktifkan/mencentang pilihan ‘Unknown sources.’ Kadang aplikasi-aplikasi nakal (bahkan aplikasi yang didownload di Play Store) mendadak mengakses ponsel tanpa memberitahu terlebih dahulu.