Sebagai pengguna smartphone Android, kita pasti sangat tertarik untuk mengunduh aplikasi aplikasi yang ada di GooglePlay Store dan hal ini sudah pasti membutuhkan smartphone dengan kapasitas RAM yang besar. Apa jadinya kalau smartphone yang kita miliki hanya memiliki RAM 1 GB? Tidak masalah, pada artikel kali ini saya akan berbagi cara agar smartphone Android yang hanya memiliki RAM 1 GB tetap cepat

  1. Lakukan Root
    Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah melakukan root pada smartphone Android Anda. Tidak usah ragu untuk melakukan root pada smartphone Android Anda karena Anda bisa mempunya akses tak terbatas untuk mengubah, menambah, menghapus dan sampai merusak hal apa saja yang ada di dalam sistem smartphone Android Anda.
  2. Menghapus aplikasi bawaan
    Ketika pertama kali membeli smartphone Android pasti terdapat banyak aplikasi bawaan yang sudah otomatis terpasang di smartphone Anda. Ada aplikasi yang tidak bisa di uninstall atau dicopot pemasangannya dan bahkan ada pula yang tidak bisa di disable, hal ini membuat memori internal smartphone Android Anda penuh dan otomatis memakan RAM yang cukup besar karena aplikasi ini terkadang berjalan tanpa kita ketahui. Maka dari itu, Anda harus menghapus aplikasi bawaan ini atau kalau tidak bisa dihapus dengan cara manual, Anda bisa menggunakan aplikasi System App Remover untuk menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus secara manual.
  3. Menambah kapasitas RAM
    Menambah kapasitas RAM bisa menggunakan aplikasi Greenify sehingga RAM smartphone Android Anda bisa lebih ringan

Itulah cara agar smartphone dengan RAM 1 GB bisa tetap cepat. Silakan dicoba, semoga bermanfaat 🙂