Berbagai Manfaat Mengikuti Kursus Mobile Application

Mobile Application adalah salah satu program belajar yang sudah sangat diminati saat ini. Tahukah anda bahwa banyak sekali manfaat yang bisa di dapat ketika anda kursus mobile application dan memiliki kemampuan untuk mempelajari hingga mengembangkan aplikasi mobile. Untuk lebih jelasnya berikut pembahasan selengkapnya.

Manfaat belajar Mobile Application

Seseorang yang sudah bisa mempelajari dan mengembangkan aplikasi mobile, maka ia bisa membuatnya untuk beberapa tujuan. Dari mulai kebutuhan Android, hingga iOS. Nah, berbagai manfaat yang bisa di dapat jika anda bisa kursus mobile application adalah sebagai berikut.

  • Digunakan sendiri

Tentunya jika anda bisa membuatnya sendiri, maka anda bisa menggunakan untuk kebutuhan pribadi. Seperti anda membuat aplikasi untuk mengatur jadwal. Kemudian anda bisa memanfaatkannya sebagai jadwal pengingat untuk rutinitas keseharian.

  • Sebagai portofolio

Kemampuan yang semakin terarah telah membuktikan kepada orang banyak jika anda dapat menciptakan aplikasi serta mengembangkannya secara praktis. Saat ini ada banyak perusahaan yang sangat memerlukan tenaga profesional dalam mengembangkan web maupun mobile application. Ketika anda memiliki banyak karya yang dapat dibuktikan, tentunya anda dapat menjadikan mereka sebagai koleksi portofolio demi karir yang menjanjikan dalam dunia IT.

Ingin pintar membuat aplikasi Android/iOS? Pilih DUMET School

Perkembangan dunia teknologi terlebih lagi di mobile gadget akan membuat banyak orang ingin sekali berkarir sebagai pembuat aplikasi. Saat ini mobile application sudah sangat populer dikarenakan bisa merambah ke berbagai hal. Dari mulai lifestyle, bisnis, hiburan, dan sebagainya. Jika anda ingin pintar membuat aplikasi mobile, tentunya anda harus memiliki skill dan belajar.

Namun, untuk anda yang bingung memulainya sendiri, maka anda tidak perlu khawatir karena anda bisa memilih jasa kursus mobile application di DUMET School. Mengapa anda harus memilih DUMET School? Karena jasa kursus yang satu ini merupakan tempat kursus yang diperuntukkan untuk berbagai usaha yang berkaitan dengan internet. Salah satunya adalah membuat aplikasi Android/iOS dari awal hingga anda lancar membuatnya. Dengan pengajar yang sudah berpengalaman di bidangnya, tentunya anda akan nyaman belajar bersama DUMET School.

Tips Sukses Menciptakan Aplikasi Android yang Baik

Membuat aplikasi android yang baik adalah langkah yang tepat agar meraih kesuksesan berbisnis aplikasi mobile. Karenanya sebelum meluncurkan aplikasi mobile, maka seorang developer wajib memastikan terlebih dulu kualitas aplikasi android dengan cara-cara berikut ini :

  1. Pakai Alpha Beta Testing

Seorang developer dapat menguji coba mobile app-nya terlebih dulu ke beberapa pengguna secara khusus. Pihak Google sendiri menghadirkan fitur ini pada developer console-nya. Selain itu, jika sebuah aplikasi telah memperoleh nilai yang bagus ketika melakukan alpha beta testing, kemungkinan besar mobile app tersebut bisa memperoleh penilaian yang bagus sesudah diluncurkan.

  1. Pakai Material Design

Google sebenarnya sudah memperkenalkan bentuk tampilan terbaru, Material Design yang dirilis tahun 2014 lalu. Material Design merupakan acuan dari sebuah desain mobile app yang bagus, dan semua developer mobile app seharusnya memakai desain tersebut.

  1. Menyesuaikan Karakter Pengguna

Sebelum menciptakan mobile app, developer perlu memikirkan adanya hambatan yang dihadapi oleh penggunanya. Di Indonesia sendiri, banyak pengguna memakai smartphone yang memiliki kapasitas penyimpanan rendah, ditambah lagi tinggal di area yang koneksi internetnya kurang bagus. Sebagai solusinya, developer harus berusaha menciptakan aplikasi yang ukuran file-nya kecil, tanpa memaksa para pengguna untuk mendownload dan mengupload data dengan kapasitas yang besar.

Trik Mendapatkan Banyak Pengguna Pada Aplikasi Mobile Anda

Sebenarnya Google sudah menyediakan aplikasi Google Play, untuk memudahkan pengguna menemukan berbagai aplikasi mobile. Tapi tak sampai disitu saja, untuk meraih banyak pengguna developer harus menerapkan strategi-strategi lanjutan.

Setiap aplikasi yang terdapat pada Google Play biasanya akan memperoleh halaman khusus berisi logo, nama aplikasi, deskripsi, dan tangkapan layar aplikasi tersebut. Sebagai seorang developer, Anda wajib memperhatikan semua konten yang ada di halaman tersebut dengan baik, mengingat kesan pertama dari pengguna akan sangat berpengaruh.

Sebenarnya, para developer juga dapat melakukan Alpha Beta Testing lewat isi halaman tadi. Seperti misalnya, seorang developer dapat membuat model-model logo aplikasi yang dibuatnya, serta melihat reaksi para pengguna terhadap model-model yang dibuat tersebut.

Ini 5 Tools Populer Pembuat Mobile App di Android atau iOS

Membuat aplikasi di iOS atau android tentu saja harus menggunakan tools. Ada salah satu tools android yang sering digunakan developer android, yaitu aplikasi Android Studio. Tak hanya Android Studio saja, ada beberapa aplikasi atau tools lainnya yang digunakan untuk membuat mobile app, diantaranya sebagai berikut :

  1. Ionic Framework

Ionic merupakan salah satu framework mobile app yang berbasis HTML5 dan dipakai untuk mengembangkan mobile app lewat penggunaan teknologi web HTML, Javascript maupun CSS. Jadi, jika Anda memakai Ionic, Anda tak perlu mempelajari Bahasa pemrograman seperti Objectic C, Java atau C dalam pembuatan aplikasi android sebab Anda hanya perlu memakai pemrograman Web saja.

  1. React Native

React Native termasuk framework javascript untuk pengembangan aplikasi mobile. Jika Anda memakai React Native sebagai tools pembuat aplikasi, akan aplikasi yang dibuat tak bisa dibedakan dari aplikasi native. Tools React Native itu sendiri bisa dikatakan sebagai real native. Anda bisa menentukan apakah ingin menggunakan React Native atau Ionic Framework dalam pembuatan aplikasi android. Selain itu, tools ini memungkinkan terciptanya 2 buah aplikasi pada android dan iOS secara bersamaan.

  1. App Inventor

App Inventor merupakan aplikasi yang pertama kali dikembangkan Google, dan sedang dikelola oleh MIT (Massachusetts Institute of Technology) sekarang ini. Tools ini memungkinkan pengguna baru supaya bisa memprogram komputer sekaligus bisa menciptakan aplikasi pada perangkat lunak khususnya bagi sistem berbasis android.

  1. Eclipse

Eclipse ialah Integrated Development Environment, dimana fungsinya ialah sebagai pengembang aplikasi Java, selain itu juga bisa dipakai untuk mengembangkan aplikasi menggunakan Bahasa pemrograman lainnya lewat pemakaian plugin, seperti ABAP, Fortran, Javascript, COBOL, Perl, Python, Prolog, Skema, Groovy, Clojure, PHP, Erlang, ALAMI, Lua, dan Lasso.

  1. Aplikasi JDK

Anda harus menginstall JDK dan mensettingnya terlebih dulu. JDK ialah software yang digunakan untuk kompilasi pada Bahasa pemrograman Java menuju Bahasa pemrograman bytecode.

Itulah beberapa tools yang bisa digunakan untuk pembuatan mobile app. Selain memakai tools, Anda juga bisa kursus mobile apps di salah satu jasa penyedia kursus pembuatan aplikasi mobile seperti di DUMET School.

Beberapa Rekomendasi Inspirasi Mobile App dengan Desain Unik

Dalam belajar membuat mobile app yang baik, Anda bisa meniru beberapa desain yang sudah dibuat oleh orang lain. Belajar dengan meniru memang bisa lebih efektif untuk menjadi lebih ahli. Dalam meniru, Anda bisa melihat berbagai desain yang populer dan bahkan unik.

Berikut akan diberikan beberapa rekomendasi inspirasi dari beberapa app yang bisa Anda contoh desain-nya:

YONO.MP3 Music App

Aplikasi ini tidak hanya bisa memutar music pada library gadget Anda tapi juga mencari siaran radio di area Anda. Sebagai music app, YONO.MP3 terlihat elegan dan mudah digunakan. Interface dan menu penting terlihat jelas di deretan bawah dengan font untuk memberi keterangan.

Tombol – tombol di beri warna jelas dan memiliki gradient untuk menunjukkan hirarki fungui. Icon penting akan memiliki tampilan dan warna yang tajam, sedangkan secondary menu akan nampak lebih datar.

Desain ini tentu menarik di tiru karena simpel tapi tepat guna. User akan mudah melihat menu dan mengetahui mana tombol yang penting mana yang tidak terlalu penting. Tampilan warna hitam merah juga terlihat keren dan menarik.

Watering Tracker App

App ini memiliki fungsi utama untuk mengingatkan user agar tidak lupa menyiram tanaman. Selain itu, app ini juga bisa menyesuaikan status tanaman dan kebutuhan airnya. Jadi Anda yang baru belajar bercocok tanam akan terbantu dengan banyak info jenis tanaman dan juga tips menyiraminya.

Untuk segi desain, app ini menampilkan foto – foto tanaman yang harus disirami. Dari menu jadwal ini Anda akan menemukan rekomendasi kadar air berdasarkan cuaca dan keadaan udara sekitar. UI ini tentu menyampaikan banyak data tapi dikemas dengan elegan dengan bentuk yang simpel.

Anda yang ingin mengintegrasi tampilan data complex tapi tetap terlihat simpel bisa menggunakan Watering Tracker App sebagai inspirasi.

Jika Anda ingin belajar lebih soal pembuatan mobile app dan desainnya, segaralah mendaftar di DUMET School. Dumet School adalah tempat kursus berkualitas tentang semua ilmu yang berhubungan dengan internet. Mulai dari membuat website, bisnis online, digital marketing, membuat app dan masih banyak lagi. Tempat khursus ini juga memberikan Anda akses ke tool premium tanpa Anda harus membayar lagi. Jadi tunggu apa lagi? Ayo daftar sekarang juga!

Rekomendasi Tool Bantu Untuk Membangun Mobile App

Sekarang ini kebutuhan untuk membuat mobile app sudah tidak perlu harus mahir dalam koding. Banyak platform app creator sudah cukup mudah digunakan bagi orang awam. Walaupun begitu Anda tentu perlu pengetahuan dalam design dan juga beberapa skill lain untuk benar – benar sukses.

Platform app creator yang mudah dipakai ini sayangnya terkadang tidak terlalu advance. Sekalipun advance, Anda biasanya harus membayar. Untuk memastikan biaya tetap kecil untuk membangun app, Anda bisa manfaatkan banyak tool pembantu.

Berikut adalah beberapa rekomendasi tool yang bisa Anda gunakan:

Tabris.js

Tool ini adalah gabungan app creator sekaligus tool pembantu. Tool ini memperbolehkan Anda mengaplikasikan JavaScript untuk berjalan di mobile app Anda. Sayangnya tool ini hanya compatible dengan iOS dan Android saja.

Tool ini juga memiliki security yang tinggi untuk membantu Anda mengatur transaksi data dari aplikasi ke customer. Hal lain yang membuat tool ini banyak direkomendasi adalah kemampuannya memperbaiki runtime aplikasi agar lebih secure.

Xamarin

Xamarin adalah mobile app development tool yang sangat dianjurkan bagi Anda yang prefer native application. Aplikasi ini dapat mengelola business logic layer (aturan arus informasi dalam aplikasi) dan data access dari berbagai platforms.

Tool ini juga compatible dengan banyak platform. Mulai dari iOS, Android dan bahkan Windows. Karena cukup fleksibel, Anda bisa gunakan tool ini untuk membangun aplikasi dari banyak device.

Appcelerator

App tool yang ini menggunakan basis HTML5. Kelebihan dari Appcelerator adalah membantu Anda membangun app hanya dengan line code yang pendek. Code yang pendek ini biasanya dapat diproses mudah dan menghasilkan aplikasi yang lebih responsive.

Selain mampu membuat lebih cepat, tool ini juga bisa membuat aplikasi Anda memiliki limit cloud yang lebih tinggi. Hal ini nantinya akan membantu user menjalankan app Anda yang butuh kemampuan lebih dari gadget si user.

Jika Anda ingin belajar lebih soal design mobile app, penggunaan platform creator dan toolnya, datang saja ke DUMET School. DUMET School adalah tempat kursus berkualitas tentang semua ilmu yang berhubungan dengan internet. Di sini Anda bisa belajar soal seluk beluk membuat app dengan lebih detail. Jadi tunggu apa lagi? Ayo daftar sekarang juga!

Skill Penting yang Dibutuhkan Untuk Membangun Mobile App

Perkembangan dunia teknologi terutama di mobile gadget membuat banyak orang ingin karir sebagai pembuat aplikasi. App sekarang ini cukup populer karena dapat merambah ke banyak hal. Mulai dari hiburan, bisnis, lifestyle dan masih banyak lagi.

Jika Anda ingin menjadi creator aplikasi mobile, Anda tentu perlu memiliki skill dan belajar. Walau sekarang sudah ada beberapa aplikasi yang memudahkan proses membuat app, beberapa skill ternyata penting untuk membuat aplikasi advance. Anda tentu tidak mau karena keterbatasan skill, aplikasi yang Anda buat biasa saja bukan?

Untuk menjadi sukses dalam membuat mobile app, pastikan belajar untuk dapatkan skill – skill berikut ini:

JavaScript

Jika Anda adalah front-end developer, memiliki skill mengelola JavaScript bisa jadi hal yang berguna. Hal ini terutama karena framework JavaScript yang terbaru, lengkap memiliki tool yang diperlukan untuk membuat mobile app.

Framework terbaru ini memiliki nama React Native dan Angular. React Native adalah framework yang memastikan Anda belajar sekali dan dapat menggunakan pengetahuan code tersebut di mana saja. Hal ini membuat teknik coding Anda bisa dipakai di berbagai platform.

Sedangkan framework Angular memiliki toolset yang detail dan dapat dikombinasikan dengan berbagai code JavaScript lain. Hal ini tentu memastikan bahwa Anda dapat melakukan perubahan pada framework tergantung style dan project yang Anda kerjakan.

Cross Platform Development (UX/UI design)

Sebagai pembuat mobile app, Anda tentu harus serba bisa. Mulai bekerja dengan platform tertentu (iOS dan Android), bentuk desain tertentu dan berbagai permintaan client yang lain. Karena itu Anda juga harus belajar tentang desain – desain UX dan UI.

Desain UI yang buruk bisa membuat user tidak nyaman. Jadi selalu sesuaikan desain – desain ini dengan native platformnya. Bentuk user Android tentu lebih nyaman dengan desain UI standar Android dan begitu juga dengan user iOS. Membuat adaptive layout tergantung platform ini harus dikuasai.

Cloud Computing

Untuk memudahkan Anda membuat aplikasi yang multi-platform, Anda bisa menggunakan teknologi Cloud Computing. Jika menggunakan teknologi ini, Anda bisa akses code aplikasi di mana saja dan melakukan perubahan lebih mudah.

Cloud Computing juga bisa meningkatkan performa aplikasi karena menggunakan sistem komputasi dari luar. Para user tidak perlu lagi menggunakan gadget yang high-end untuk menikmati aplikasi Anda yang intensif dan berat.

Jika Anda ingin belajar lebih soal pembuatan mobile app, segeralah mendaftar di DUMET School. DUMET School adalah tempat kursus berkualitas tentang semua ilmu yang berhubungan dengan internet. Mulai dari membuat website, bisnis online, digital marketing, membuat app dan masih banyak lagi. Tempat kursus ini juga memberikan Anda akses ke tool premium tanpa Anda harus membayar lagi. Jadi tunggu apa lagi? Ayo daftar sekarang juga!