Pernahkah Anda menderita penyakit genetik atau bawaan dari lahir? Hal ini pastinya akan sangat mengganggu Anda saat Anda sudah beranjak dewasa karena penyakit ini pasti akan menyerang Anda disaat dan waktu yang tepat. Banyak yang menyatakan bahwa memakai teknologi editing embrio bisa berguna untuk menghilangkan penyakit bawaan ini. Benarkah itu?

Apa Itu Teknologi Editing Embrio?

Teknologi editing embrio menjadi penemuan teknologi yang paling mutakhir di abad ini. Penemuan teknologi ini diharapkan mampu dimaksimalkan penggunaanya untuk masa depan dan kebaikan banyak orang. Teknologi ini digunakan untuk melakukan rekayasa embrio yang berguna untuk melakukan pencegahan anak atau bayi yang lahir dengan cacat atau penyakit bawaan dari orang tuanya. Penyakit genetik yang menurun pada anak bisa diatasi dengan melakukan rekayasa atau mengedit proses mutasi secara genetik pada embrio manusia.

Pro dan Kontra Terhadap Teknologi Editing Embrio

Kegunaan teknologi editing embrio ini ternyata menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Pendapat yang mendukung kegunaan teknologi ini adalah mereka berkeyakinan berpendapat bahwa teknologi ini cukup efektif untuk mengatasi penyakit genetik. Tetapi, ada pihak yang menyatakan bahwa perlu melakukan kajian dan penelitian ulang untuk membuktikan kegunaan teknologi ini. Tak heran perdebatan selalu saja muncul dari teknologi rekayasa embrio ini.

Persiapan Yang Belum Cukup

Pemakaian teknologi rekayasa embrio atau gen ini memang dianggap nyata. Yang awalnya hanya sebuah mimpi tetapi saat ini memungkinkan untuk diaplikasikan pada kehidupan nyata manusia. Walaupun cukup nyata, masih ada beberapa orang yang masih ragu akan standard keselamatan dari teknologi ini agar aman dan nyaman untuk digunakan.

Permintaan Yang Akan Membludak

Selain persiapan teknologi yang belum matang, kontra lainnya terhadap teknologi adalah akan tingginya permintaan terhadap alat ini di masa depan. Padahal, kesiapan terhadap teknologi ini masih diragukan.

Cukup Beresiko

Karena teknologi ini digunakan untuk merekayasa embrio atau gen, maka ini akan memiliki resiko yang besar di masa yang akan datang karena menyangkut gen seseorang. Ada proses pengeditan yang sangat kompleks untuk melakukan mutasi embrio manusia untuk mengatasi penyakit bawaan. Teknologi editing embrio ini bisa mengatasi penyakit bawaan tetapi sepertinya masih memerlukan penelitian yang lebih detail dan mendalam lagi untuk membuktikan bahwa teknologi ini aman dan nyaman untuk dilakukan.