Semua orang, baik pengguna maupun pembuat mobile app, tentu menginginkan aplikasi yang berkualitas. Bagi para pengguna, hal yang penting adalah mudah digunakan dan bermanfaat. Sedangkan bagi pembuat mobile app, aplikasi harus mampu mengikat pelanggan.

Jika Anda adalah orang yang ingin terjun ke dunia pembuatan mobile app, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal-hal ini sebetulnya mudah dipelajari, namun banyak pembuat app lalai atau melupakan kunci ini. Agar lebih jelas apa saja kunci mobile app sukses ini, mari melihatnya bersama-sama.

  1. Buat Planing yang Comprehensive

Menyusun perencanaan tentu penting, tapi banyak pembuat app hanya asal membuat perencanaan. Perencanaan untuk membuat aplikasi haruslah comprehensive dan detail. Planning untuk program tidak lagi hanya kerangka, namun gambaran jelas apa yang harus dibuat dan deprogram. Jika dalam masa perencanaan, gambaran aplikasi masih buram, nantinya para programmer mau tidak mau harus bekerja dua kali jika ada perubahan tiba-tiba di bagian yang belum jelas tersebut.

Perencanaan ini juga meliputi bagaimana para pengguna dapat tertarik menggunakan mobile app dalam keseharian. Apakah dibuat integrasi dengan notifikasi atau hanya aktif saat pengguna menyalakan app? Pilihan ini tentu penting dan tidak bisa sembarangan diputuskan.

  1. Mulai dari Kecil

Agar perencanaan tidak membuat pusing, mulai dari poin-poin kecil. Mengelola mobile app yang kecil juga lebih mudah daripada harus membangun struktur yang terlalu besar. Perencanaan ini bisa meliputi penggunaan esensial untuk para pengguna, namun tetap fleksibel untuk penambahan fitur.

Mobile app bisa mendapatkan patch dan update, jadi jangan takut bentuk mobile app Anda simple. Hal yang penting adalah para pengguna dapat mendapatkan keuntungan saat memakainya. Selama app itu mudah dipakai, para pengguna biasanya tidak memikirkan bentuk dan ukuran dari mobile app tersebut.

  1. Gunakan Fitur yang Tepat Guna

Seperti yang disinggung sebelumnya ukuran kecil untuk mobile app hanya akan sukses jika mudah digunakan dan memberi nilai lebih. Untuk memenuhi standar tersebut, aplikasi yang Anda buat haruslah dilengkapi dengan fitur tepat guna.

Contoh saja aplikasi Anda berguna untuk pesan barang atau makanan. Fitur di dalamnya juga harus merefleksikan hal ini. Mulai dari peta untuk memastikan barang sudah sampai, indikator pembayaran sudah dilakukan, foto untuk memastikan barang baik-baik saja dan juga akses ke customer service untuk bantuan.

Belajar Membuat App Lebih Baik

Untuk memastikan aplikasi mobile Anda memenuhi standar dan sukses, ada baiknya Anda belajar lebih soal ini. Bagi Anda yang ingin menyerap ilmu cepat, lebih baik mengikuti kursus dibanding belajar otodidak.

DUMET School adalah tempat kursus yang sangat direkomendasi. Di sini Anda akan menggunakan fasilitas terbaik dan juga mendapat tenaga pengajar yang profesional. Setiap sesi kelas pastinya akan membantu Anda mengembangkan aplikasi yang lebih baik. Ayo segera bergabung bersama DUMET School.