Zaman sekarang ini sudah banyak barang KW alias palsu, bisa mulai dari tas, sepatu bahkan sampai smartphone yang Anda pakai itu bisa jadi palsu loh. Gimana rasanya kita beli smartphone mahal tapi ternyata smartphone itu palsu? Merasa dirugikan bukan? Apalagi smartphonenya yang punya nama terkenal, sebut saja iPhone, wah sangat amat rugi ya. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara melihat keaslian iPhone dengan mudah

  1. Harga
    Kita bisa melihat dari harganya, tentu saja iPhone adalah merk smartphone terkenal dan tergolong dijual dengan harga yang tinggi. Anda perlu waspada dengan tawaran harga iPhone yang jauh dari harga normal, bisa jadi smartphone tersebut tiruan.
  2. App Store
    Aplikasi untuk mengunduh aplikasi lain atau mengunduh game di iPhone ini namanya App Store sedangkan di Android ada Google Play Store. Kalau Anda baru membeli iPhone dan ketika Anda ingin mengunduh aplikasi atau game tapi tidak ada App Store perlu Anda curigai kalau iPhone yang Anda beli bisa saja palsu. Pada iPhone palsu ini tidak ada App Store tapi yang tersedia adalah Google Play Store yang dimiliki Android.
  3. Memori Eksternal
    iPhone yang asli itu tidak ada slot untuk MicroSD sedangkan kalau Anda mempunyai iPhone yang menyediakan slot MicroSD itu sudah pasti iPhone milik Anda palsu karena iPhone tidak menyediakan slot untuk MicroSD.
  4. Cek Garansi iPhone
    Pada kardus iPhone yang Anda beli pasti ada nomor IMEI. Untuk memeriksa keaslian iPhone Anda salah satu caranya dengan mengecek garansi iPhone, Anda lakukan pengecekan melalui website resmi iPhone dan masukkan nomor IMEI yang tertera pada kardus. Kalau Anda membaca keterangan yang sesuai maka iPhone Anda dipastikan asli tapi kalau sebaliknya maka iPhone Anda palsu.
  5. Menggunakan iTunes
    Coba Anda hubungkan iPhone Anda dengan iTunes, kalau terhubung maka bisa dipastikan iPhone Anda asli karena semua perangkat Apple dapat terhubung dan bisa saling mengenali satu sama lain, kalau tidak terhubung iPhone Anda pasti palsu.
  6. Lihat OS yang Digunakan
    Sistem operasi pada iPhone sudah pasti menggunakan iOS sedangkan iPhone palsu menggunakan OS yang ada pada Android karena bisa dikustomisasi sehingga bisa mirip dengan iOS. Cara melihat OS yang digunakan pada iPhone dengan masuk ke menu Settings dan Anda periksa sistem operasi yang digunakan pada iPhone Anda.
  7. Lihat Material iPhone
    Cara yang satu ini tergolong sangat mudah dengan cara melihat material yang digunakan pada iPhone milik Anda. Biasanya pada iPhone asli material yang digunakan lebih premium tapi kalau iPhone palsu pasti lebih murahan, perhatikan saja kalau iPhone milik Anda menggunakan material plastik murahan sudah dipastikan kalau iPhone milik Anda adalah iPhone palsu.

Itulah beberapa cara melihat keaslian iPhone dengan mudah. Semoga iPhone yang Anda beli bukan yang palsu ya 🙂