Bagi kita yang menggunakan pesan singkat terutama BBM untuk Android, mungkin merasa bahwa penggunaan aplikasi ini sangat memakan memori RAM smartphone yang kita punya. BBM untuk Android tidak muncul fleksibel, desain yang menarik dan dilengkapi dengan banyak fitur yang berguna adalah daya tarik utama bagi pengguna.

Tapi kita harus tahu bahwa penggunaan aplikasi yang user interface menyenangkan ternyata menghabiskan memori RAM sangat boros. Tapi tenang saja, tidak perlu merasa khawatir atau berpikir untuk menghapus aplikasi pada smartphone karena dalam artikel kali ini saya memiliki cara untuk menghemat memori RAM dari aplikasi BBM.

Berikut caranya:
1. Hapus Data dan Cache BBM
Settings> Apps> BBM> pilih clear data dan clear cache. Jika menghapus data maka secara otomatis akan keluar dari aplikasi BBM. Kita cukup log in lagi tapi history chatting dan update terbaru dari teman-teman akan hilang. Jangan khawatir, kontak masih ada karena BBID tidak berubah.

2. Ubah Pengaturan BBM
Setelah login lagi di BBM dengan BBID mu, kemudian pergi ke menu Settings di BBM dan ubah pengaturan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Menonaktifkan semua fitur yang tidak terlalu penting seperti “Show what I’m listening to, show what others are listening to, show display pictures in chats, Messages timed” dan fitur lain yang jarang digunakan.

BBM di Android mu Menghabiskan Banyak Memori RAM? Ini Cara Mengatasinya

3. Periksa UlangiMemori BBM
Nah setelah dua langkah di atas, kita dapat memeriksa informasi BBM pada menu Settings> Apps> BBM. Saya pribadi menghabiskan memori 156 MB sekarang hanya terpakai 51,49 MB saja.