Bahaya Menggunakan Charger Palsu Pada Iphone – Charger adalah alat yang terpenting untuk sebuah gadjet, dimana tanpa adanya charger maka smartphone ataupun laptop anda tidak akan dapat digunakan karena kehabisan daya baterai.

Dengan begitu pentingnya sebuah charger, tak sedikit pula orang yang sudah tidak memiliki charger orisinal bawaan smartphone tersebut dikarenakan hilang, rusak atau tertinggal disuatu tempat.

Charger orisinal memang memiliki harga yang cukup mahal, terutama untuk charger Apple, kabel dan charger bisa saja dijual dengan harga sekitar Rp 400.000 hingga Rp 500.000. Dengan harga charger yang mahal tersebut, anda pasti akan beralih dengan menggunakan charger yang lebih murah tanpa memperhatikan efek setelahnya.

Bahaya Menggunakan Charger Palsu Pada Iphone

Menggunakan charger palsu pada Iphone memang tidak akan terlihat efek buruk di awal penggunanya, namun penggunaan charger palsu pada Iphone akan merusak ponsel tersebut. Penggunaan charger palsu berbahaya karena aliran listrik yang dipancarkan ke ponsel Iphone kemungkinan akan mengalami kegagalan isolasi arus.

Sebagaimana dilansir oleh KompasTekno dari BGR, Sabtu (3/12/2016), hasil pengujian penggunaan charger palsu pada Iphone itu benar-benar buruk. Dari 400 charger palsu yang diuji, 397 di antaranya gagal memenuhi prosedur pengujian keamanan.

Dilihat dari tingkat kegagalan yang melebihi 99 persen dari 400 unit yang diuji, hanya tiga yang berhasil melewati pengujian keamanan dasar dan perlindungan dari kejutan listrik. Tetapi dalam hal ini tidak berarti 99 persen charger palsu yang dipakai akan menyetrum penggunanya. Namun dikarenakan tidak memiliki mekanisme keamanan yang benar, maka charger palsu tersebut tidak bisa menahan lonjakan daya listrik dan bisa mengakibatkan ponsel rusak atau terbakar.

Menggunakan perangkat yang asli akan mengurangi resiko kerusakan yang lebih besar lagi, walau mahal di awal tetapi akan memiliki tingkat keamanan yang lebih lama dibandingkan menggunakan charger palsu.