Bagian Smartphone Yang Rentan Rusak – Memiliki smartphone adalah hal yang utama dalam kegiatan sehari-hari, karena saat ini semua masyarakat sudah menggunakan Smartphone dalam setiap detik, waktu dan kesehariannya.

Para produsen Smartphonepun terus meningkatkan kualitas produk mereka demi kenyamanan para pengguna. Namun dari setiap smartphone ada bagian yang rentan rusak walau termasuk jenis smartphone yang mahal.

Bagian smartphone yang rentan rusak itu di antaranya adalah :

1. Layar

Bagian pertama yang paling nampak dan paling sering tersentuh oleh tangan adalah layar smartphone. Layar termasuk bagian vital smartphone karena materialnya terbuat dari kaca tipis yang pastinya akan mudah pecah. Setiap kerusakan yang pada layar smartphone dapat digolongkan menjadi kerusakan besar karena fungsi touchscreen smartphone juga akan rusak sebagian.

Selain itu juga, kebiasaan menyimpan smartphone di dalam kantong celana bagian belakang akan mengakibatkan layar smartphone rusak akibat tertindih bobot tubuh dalam posisi duduk.

Solusi nya adalah simpan smartphone dalam tas atau saku baju, gunakan pula flip cover untuk melindung bagian belakang maupun samping smartphone saat terkena benda tumpul/lancip, goresan, dan kotoran.

2. Port Charger

Port charger adalah bagian yang paling aktif di gunakan karena ini adalah tempat penghubung daya baterai. Port charger juga sangat mudah kotor, sehingga port charger akan rawan dengan kerusakan. Merawat port charger agar lebih tahan lama adalah dengan menggunakan charger yang original karena jika tidak original kemungkinan besar port charger akan mudah rusak dan akan berpengaruh pada baterai yang dapat cepat rusak.

3. Tombol Power dan Volume

Tombol power dan volume merupakan tombol smartphone paling sering di gunakan. Kedua tombol tersebut menjadi rentan rusak karena terlalu sering di gunakan. Efeknya bisa dari tombol tidak berfungsi, sulit di tekan, tenggelam, atau bahkan copot.

Untuk menghindari kerusakan pada tombol power dan tombol volume dapat diminimalisir dengan menggunakan tombol cara virtual dan bisa juga menggunakan case agar tombol power dan volume tidak kepencet-pencet saat berada dalam tas.