Apakah Anda pernah membayangkan akan ada seri smartphone yang spek dan fiturnya lebih diutamakan untuk gaming? Ide ini pertama kali digagas oleh Razer dengan seri Razer Phone. Bagi banyak penyuka gadget multi-media, ide tentang gaming smartphone mungkin sangat lucu. Mengapa hanya mementingkan spek jika harus mengorbankan hal seperti kamera, desain mulus dan elegan hanya untuk gaming?

Hal ini tentu tidak cocok untuk para pengguna umum smartphone tapi bagi gamer, hal ini esensial. Sekarang ini makin banyak game mobile yang membutuhkan spek tinggi untuk di mainkan. Di sinilah peran gaming phone datang. ASUS ROG Phone adalah kompetitor pertama yang muncul setelah Razer Phone.

Kelebihan

Smartphone gamer dari ASUS ini memiliki banyak fitur yang dikhususkan untuk game. Bagi para pengguna umum, hal ini tentu tidak begitu terpakai. Berikut adalah fitur game yang bisa Anda control

  • Air Button/Trigger, hal ini merupakan fitur tombol digital untuk mengganti kontrol pada game. Game mobil biasa membutuhkan Anda menekan bagian yang ada di layar. Air buton bisa Anda atur ke lokasi tombol di layar dan memindahkannya di tombol bagian samping smartphone. Hal ini membuat Anda dapat bermain game tanpa jari menutupi layar.
  • X Mode, mode ini adalah kondisi khusus yang bisa diaktifkan dengan meremas bagian sisi smartphone. Pada mode ini semua sistem komputasi pada smartphone akan difungsikan untuk kenyamanan game Anda. Notifikasi mati, fitur yang tidak terpakai mati, dan bahkan App tertentu akan menjadi non-aktif. Kecepatan proses pada mode ini menjadi 5 sampai 6 kali lebih cepat dari mode normal.
  • Refresh rate layar, layar dengan refresh rate tinggi pertama kali diperkenalkan oleh Razer Phone tapi tidak ada yang berani meniru teknologi ini. Refresh rate pada ASUS ROG Phone ini adalah generasi keduanya. Refresh rate untuk gaming memang penting, tapi untuk smartphone, hal ini masih jarang ditemui.

Kekurangan

Karena fokusnya terhadap gaming, smartphone ini tidak bisa dibandingkan dengan smartphone umum. Battery yang besar lebih cepat terkuras karena keperluan gaming. Fitur seperti kamera, multimedia dan juga desain elegan tidak muncul dari desainnya. Smartphone ini tampak seperti block berat dengan kamera yang biasa saja.

Jadi bagi Anda yang menginginkan produk ini, pastikan Anda tidak kecewa karena fiturnya banyak yang hanya untuk gaming. Tapi bagi para gamer, ASUS ROG Phone bisa jadi pilihan yang cocok untuk keperluan hobi Anda.