Para peselancar dunia maya pasti sudah tidak asing dengan simbol sinyal yang dimunculkan di smartphone Anda. Ada berbagai macam simbol sinyal, mulai dari E, G, H, H+, 2G, 3G, sampai 4G. Apa maksud dari simbol tersebut? Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai arti dari simbol sinyal pada smartphone agar Anda tahu apa perbedaan simbol tersebut

 

  1. Simbol “E”
    Simbol huruf E ini maksudnya Anda sedang dalam jaringan Edge atau Enhanced Data rates for GSM Evolution. Simbol huruf E ini mulai dipakai di tahun 2003. Kecepatan dari sinyal ini 217 kbps.
  2. Simbol “G”
    Simbol huruf G ini maksudnya Anda sedang dalam jaringan GPRS atau General Packet Radio Service. Simbol huruf G ini mulai dipakai di tahun 2000. Kecepatan dari sinyal ini lebih lambat dari sinyal E yaitu sekitar 114 kbps. GPRS ini adalah tonggak dari generasi jaringan karena menjadi jaringan pertama yang selalu menyala.
  3. Simbol “H”
    Simbol huruf H ini maksudnya Anda sedang berada dalam jaringan HSPA atau High Speed Packet Access. Kecepatan dari sinyal ini bisa sampai 7,2 Mbps. HSPA ini menjadi salah satu jaringan terpopuler di dunia.
  4. Simbol “H+”
    Simbol huruf H+ ini maksudnya Anda sedang berada dalam jaringan HSPA+ atau Evolved High Speed Packet Access. Kecepatan dari sinyal ini terbagi menjadi 5 kategori, mulai dari yang kecepatannya 14,4 Mbps; 21,1 Mbps; 42,2 Mbps; 84,4 Mbps dan sampai 168,8 Mbps. Sinyal ini termasuk kategori sinyal yang sangat bagus karena banyak digunakan diberbagai negara.
  5. Simbol “2G”
    Simbol 2G ini adalah jaringan atau sinyal yang pertama kali dikeluarkan yaitu sekitar tahun 1990-an. Sinyal ini menyalurkan layanan data seperti MMS dan SMS. Kecepatan dari sinyal ini sekitar 50 kbps, bayangkan saja kalau dipakai untuk berselancar di dunia maya pasti lamanya minta ampun.
  6. Simbol “3G”
    Simbol 3G ini pertama kali dipakai di negara jepang pada tahun 2001. Teknologi yang dipakai di jaringan ini bernama UMTS atau Universal Mobile Telecommunication Service. Kecepatan sinyal ini bisa sampai 384 kbps. Jaringan ini mendukung aktivitas untuk berselancar di dunia maya dengan smartphone kita.
  7. Simbol “4G”
    Ini dia yang sedang booming saat ini yaitu jaringan 4G. Jaringan ini adalah jaringan yang mempunyai kecepatan paling cepat saat ini dibandingkan dengan sinyal yang lainnya. 4G pertama kali dipakai pada tahun 2009 di Stockholm dan Oslo, akhirnya menyebar ke seluruh dunia. Namun sayangnya masih ada keterbatasan infrastruktur untuk sinyal 4G ini

Itulah arti dari simbol sinyal di smartphone. Sekarang Anda bisa mengetahui perbedaannya kan?
Semoga bermanfaat 🙂