Keamanan memang menjadi salah satu hal yang menjadi perhatian penting bagi para pemilik barang yang sifatnya pribadi, misalnya saja seperti ponsel pintar alias smartphone. Perangkat mobile yang satu ini memang tidak hanya digunakan untuk aktivitas komunikasi sehari-hari. Namun, para pemiliknya juga sering menyimpan berbagai macam file penting yang bersifat pribadi, misalnya foto, video, maupun rekaman. Menyimpan file-file tersebut di smarthone memang sah-sah saja dilakukan tetapi terkadang ada orang lain yang meminjam smartphone tersebut dan iseng membuka file-file yang ada di dalamnya. Hal ini tentu akan menimbulkan ketidaknyamanan tersendiri terutama jika di dalam ponsel tersebut memang ada file penting yang memang harus dijaga kerahasiaannya.

Untuk mengantisipasi hal-hal semacam itu tentu meningkatkan keamanan pada ponsel yang digunakan sangat penting sekali. Ada berbagai macam aplikasi Android yang bisa digunakan untuk menjaga keamanan smartphone. Salah satunya adalah aplikasi bernama Applock. Aplikasi yang satu ini dibuat untuk para pengguna perangkat berbasis Android dan memungkinkan para penggunanya untuk mengunci berbagai macam fitur yang ada di dalamnya, Dengan menginstall aplikasi ini di dalam smartphone Android, sms, kontak, panggilan, dan pengaturan tidak akan mudah diutak-atik oleh orang lain. Selain itu, galeri yang notabene menjadi penyimpanan berbagai macam foto, gmail, facebook, dan aplikasi yang lain juga tidak akan mudah dibuka. Aplikasi Applock ini tidak perlu diragukan lagi kemampuannnya dalam melindungi perangkat, Jadi, para pemilik smartphone Android tidak perlu merasa khawatir lagi jika ada orang lain yang meminjam perangkatnya.

Pengembang Applock, DoMobile Lab memang telah membekali aplikasi ini dengan pilihan privacy secara menyeluruh. Pasalnya, selain menghadirkan fitur privasi untuk berbagai fitur dan aplikasi di smartphone agar tidak bisa dibuka sembarangan, pengembang juga menghadirkan fitur unik pada aplikasi ini, Dengan fitur tersebut, pengguna bisa menyembunyikan ikon aplikasi Applock sehingga orang lain yang meminjam smartphone biasanya tidak akan tahu jika perangkat ini memang telah dilindungi privasinya oleh Applock. Untuk bisa mengakses lagi aplikasi ini, pengguna hanya perlu  membuka menu panggilan dan mengisikan terlebih dahulu kata sandi pada saat dial, kemudian tekan tombol, panggilan maka proses ini secara otomatis akan kembali membuka aplikasi Applock yang tadinya disembunyikan.