Setiap aplikasi yang ada pada Android ataupun iOS memang memiliki tingkat konsumsi data yang berbeda. Ada beberapa aplikasi yang membuat boros kuota. Kalau Anda sudah mengetahui aplikasi apa saja yang membuat boros kuota maka Anda bisa mengaturnya agar tidak boros kuota dengan mengontrol pemakaiannya. Apa saja aplikasi yang membuat boros kuota? 

  1. Instagram
    Apa penyebab instagram membuat kuota boros? Instagram ini pastinya membuka konten foto apalagi intagram juga membuka konten video. Untuk membuka foto saja sudah memakan kuota yang besar apalagi membuka video? Sebagai solusi, cobalah buka menu pengaturan. Anda akan menemukan tab bertuliskan Cellular Data Use di bagian bawah. Pilih tab tersebut dan nyalakan fitur Use Less Data. Dengan demikian aplikasi akan otomatis menghemat kuota internet Anda.
    Pengaturan tersebut tidak akan mematikan autoplay. Tapi sebagai gantinya, Instagram tidak akan memutar video saat Anda menggunakan koneksi internet seluler. Bisa juga Anda mematikan fitur autoplay video agar menghemat kuota.
  2. YouTube
    Kalau di Instagram hanya bisa memutar video selama 60 detik saja sudah memakan kuota yang banyak apalagi di YouTube yang bisa memutar video sampai berjam-jam. Cara menghemat kuota ketika membuka aplikasi YouTube adalah dengan mengatur YouTube pada resolusi video terendah. Anda juga bisa menyalakan fitur Play HD apabila sedang terkoneksi dengan WiFi.
  3. Facebook
    Aplikasi Facebook bukan hanya menampilkan pesan teks saja tapi juga video dan foto. Hampir sama dengan Instagram yang menampilkan konten foto dan video, maka jangan heran kalau Facebook juga membuat kuota Anda boros.

Sekarang saatnya Anda mengatur aplikasi-aplikasi tersebut karena aplikasi tersebut sangat membuat kuota Anda boros. Anda bisa saja mengurangi pemakaian aplikasi itu atau apabila Anda ingin membuka aplikasi itu ketika Anda sedang menggunakan WiFi saja. Semoga bermanfaat 🙂