Aplikasi yang Dapat Mengetahui Jumlah Kalori Dalam Makanan – Makanan adalah segala sesuatu yang dapat dimakan dan setelah dicerna serta diserap tubuh akan berguna bagi kesehatan dan kelangsungan hidup. Makanan merupakan sebuah kebutuhan. Fungsi dari makanan adalah sebagai sumber tenaga, sebagai bahan pembangun dan sebagai pengatur aktivitas tubuh.

Aplikasi-yang-Dapat-Mengetahui-Jumlah-Kalori-Dalam-MakananAplikasi-yang-Dapat-Mengetahui-Jumlah-Kalori-Dalam-Makanan

Setiap makanan mengandung kadar kalori yang tidak mudah untuk langsung diketahui secara kasat mata. Dan tahukah kalian? Kadar kalori yang berlebih akan memberikan risiko bagi konsumennya. Apa saja risiko itu? Bisa menyebabkan obesitas, kerusakan pada otak dan hati, gangguan pada dinding arteri, kanker, dehidrasi, kerusakan organ ginjal, sembelit, asam urat, menurunnya jumlah kalsium dan masih banyak lagi.

Maka dari itu kita harus mengkonsumsi kalori secara seimbang jangan kurang ataupun lebih. Apalagi kalian yang sedang diet pasti akan berfokus pada jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini membuat sekumpulan orang yakni Belinda Luis, Budi Dawis, Kenneth Karta dan Ramona Wirawan membuat sebuah aplikasi yang memiliki fungsi penghitung kalori dengan cara foto makanan yang diambil pengguna.

Aplikasi-yang-Dapat-Mengetahui-Jumlah-Kalori-Dalam-Makanan

Aplikasi ini bernama Tuingle. Aplikasi yang dapat mengetahui jumlah kalori dalam makanan ini sudah hadir sejak tahun 2015 di Australia. Dan di tahun 2016, aplikasi ini masuk ke Indonesia. Di Indonesia, aplikasi Tuingle ini beroperasi di bawah naungan PT Mitra Ravindra Internasional. Aplikasi Tuingle dapat diunduh untuk platform Android dan iOS.

Berikut cara mudah menggunakan aplikasi Tuingle :

  1. Download dan install aplikasi Tuingle
  2. Buka aplikasinya
  3. Foto makanan dan pilih opsi โ€˜Scanโ€™
  4. Kemudian akan muncul kandungan nutrisi makanan seperti lemak, protein, karbohidrat dan kalori

Menurut Budi Dawis, aplikasi ini dapat mendeteksi lebih dari 300.000 jenis makanan dan bila belum terdeteksi oleh aplikasi ini, maka akan dijadikan referensi tim untuk menambah kategori makanan tersebut.

Tim Tuingle mengklain bahwa akurasi kandungan nutrisi mencapai 70 sampai 80 persen. Dan tim Tuingle bekerja sama dengan para pakar gizi untuk menaikkan akurasi dari makanan yang difoto pengguna.

Bagaimana menurutmu teman-teman mengenai aplikasi yang dapat mengetahui jumlah kalori dalam makanan ini? Aplikasi ini sangat membantu kita dalam mengetahui jumlah kalori. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba ๐Ÿ˜‰