Merokok merupakan penyebab timbulnya berbagai macam penyakit berbahaya, bahkan dengan merokok bisa menyebabkan kematian. Merokok memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Selain merugikan para perokok itu sendiri, rokok juga memberikan dampak yang buruk bagi para perokok pasif.

Perokok pasif ini lebih berisiko pada perempuan, anak-anak dan bayi. Asap rokok yang terhisap anak-anak dan bayi bisa menyebabkan asma, infeksi telinga, bahkan bisa menyebabkan sindrom kematian pada bayi. Untuk para ibu hamil yang menghirup asap rokok juga akan berisiko mengalami komplikasi seperti keguguran, lahir mati, dan bayi dengan berat badan di bawah rata-rata.

Bagi para perokok aktif akan menyebabkan risiko terkena penyakit jantung, meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Sekarang ini perokok aktif bukan hanya orang-orang dewasa saja, tapi juga para remaja, bahkan anak-anak juga sudah berani merokok.

Menghentikan kebiasaan merokok juga dapat megurangi risiko terkena penyakit jantung koroner. Maka dari itu, pada artikel kali ini saya akan share aplikasi yang dapat membantumu berhenti merokok. Wah emang ada ya sebuah aplikasi yang bisa bantu supaya berhenti merokok? Ada. Yuk disimak 😉

1. Kwit

Dengan menggunakan aplikasi kwit ini, kalian akan merasa seperti sedang dalam suatu permainan yang mengharuskan kalian untuk berhenti merokok.  Nantinya kamu harus menyelesaikan beberapa level dan sampai ke tahap akhir/ ultimate kwitter. Jika kalian sudah sampai di level terakhir, itu artinya kalian sudah dinyatakan sembuh dari kebiasaan menghisap rokok.

2. Smoke free

Dengan aplikasi smoke free ini, kalian bisa memantau proses kalian setiap harinya untuk berhenti merokok. Di dalamnya ada fitur seperti kalkulator yang memberi tahu kalian berapa banyak uang yang dapat kalian simpan ketika tidak merokok. Di aplikasi ini juga ada kalender yang membantu kalian mengetahui berapa lama kalian tidak merokok dan berapa banyak hidup kalian kembali. Di aplikasi ini juga ada fitur dimana nantinya proses berhenti merokokmu dapat terekam. Sehingga dengan begitu kalian nantinya akan terkontrol sudah sampai mana proses kalian untuk berhenti merokok.

3. Quit It Lite

Aplikasi yang dapat membantumu berhenti merokok selanjutnya yaitu Quit It Lite. Aplikasi ini memiliki cara yang beda dari aplikasi yang lainnya untuk membantu kalian berhenti merokok. Aplikasi ini tidak akan menghitung jumlah nikotin yang sudah dikonsumsi, tapi aplikasi ini akan menghitung jumlah rokok yang tidak kalian konsumsi, berapa banyak tar yang tidak menyerap ke aliran darah, dan jumlah uang yang tidak kalian habiskan untuk membeli rokok.

Itulah beberapa aplikasi yang dapat membantumu berhenti merokok. Segeralah berhenti merokok jika kamu sayang pada diri sendiri dan ini untuk kebaikan semua orang yang berada di sekitarmu. Selamat mencoba guys 😉