Tahukah kalian? Dunia ini penuh dengan warna, sehingga dunia ini menjadi indah dilihat. Pohon hijau, lautan biru, hingga tanaman dengan sejuta warna. Tapi, sebagian dari manusia tidak dapat merasakan keindahan tersebut karena mereka buta warna. Adakah alat yang dapat membantu para penderita buta warna ini?

Semakin canggihnya aplikasi, kini terdapat beberapa aplikasi yang dapat membantu para penderita buta warna supaya warna objek terlihat sesuai aslinya. Lalu apa aja sih aplikasi yang dapat membantu penderita buta warna? Memangnya ada? Percaya tidak percaya, kalian harus percaya beberapa aplikasi ini dapat membantu para penderita warna. Apa aja sih? Silahkan disimak guys 😉

1. Color Blind Pal

color-blind-pal

Color Blind Pal merupakan sebuah aplikasi iOS yang dapat digunakan untuk membantu para penderita buta warna. Aplikasi ini caranyapun sangat mudah. Yang kalian perlu lakukan adalah melihat objek melalui kamera. Aplikasi color blind pal ini menggunakan filter dan slider khusus yang dapat dibedakan dengan mudah.

2. Color Binoculars

color-binoculars

Aplikasi ini diciptakan oleh Tom Overton dan Tingting Zhu, mereka merupakan pegawai dari Microsoft. Aplikasi color binoculars ini akan menyetel kamera smartphonemu dan menampilkan warna yang diatur sesuai dengan aslinya. Tiga tipe buta warna yang paling umum ini pun tersedia dalam beberapa mode, yaitu : merah/hijau, hijau/merah, dan biru/kuning. Cara kerja aplikasi ini nantinya beberapa warna akan dinaikkan kontrasnya dengan kombinasi yang bisa dilihat penderita buta warna.

3. Meable

meable

Aplikasi meable ini diciptakan oleh 3 pemuda Indonesia loh. Dzaki Zakiyal, Basyar Adnani, dan Harry Setiawan adalah orang-orang yang menciptakan aplikasi meable. Meable ini dari dari kata me able yang artinya saya mampu. Meable ini dibuat untuk membantu para penderita buta warna supaya dapat melihat warna sesuai dengan aslinya. 3 pemuda Indonesia ini membuat alternatif agar mereka para penderita warna memiliki solusi dari masalah itu.

4. I See U

buta-warna-i-see-u

Aplikasi selanjutnya yang dapat membantu penderita buta warna adalah I See U. Aplikasi ini dapat mensimulasi warna merah dan hijau menjadi warna  lain. Aplikasi ini juga diciptakan oleh seorang mahasiswa bernama Euridyce dari  Surabaya. I See U ini berfungsi untuk dapat melihat detail gambar atau benda yang berwarna hijau dan merah. Cara kerjanya yaitu, warna hijau dan merah akan diubah secara otomatis menjadi warna lain yang dominan warna biru dan kombinasi warna lain sehingga para penderita buta warna ini dapat melihat detail gambar tersebut. Menurut Euridyce, aplikasi ini di khususkan untuk para penderita buta warna jenis protanopia dan deutranopia. Jadi aplikasi ini tidak bisa digunakan oleh penderita buta warna jenis tritanopia.

Itulah informasi yang dapat saya share mengenai beberapa aplikasi yang dapat membantu penderita buta warna. Semoga artikel ini membantu kalian yang mempunyai teman, saudara, dan lainnya yang menderita buta warna. Dan juga semoga aplikasi-aplikasi ini dapat membantu kalian menikmati indahnya dunia dengan berjuta warna 😀