Aplikasi yang Dapat Memantau Kualitas Udara di Sekitar – Siapa yang tidak tahu udara? Setiap manusia pasti membutuhkan udara. Udara adalah salah satu elemen penting dalam kehidupan makhluk hidup bumi. Udara merupakan campuran dari gas, yang terdiri dari sekitar 78 % Nitrogen, 20 % Oksigen; 0,93 % Argon; 0,03 % Karbon Dioksida (CO2) dan sisanya terdiri dari Neon (Ne), Helium (He), Metan (CH4) dan Hidrogen (H2). Udara tidak tampak mata, tidak berbau, dan tidak ada rasanya.

Namun, kini banyak udara yang terkena polusi yang membuat kehidupan manusia juga akan memburuk. Semua orang pasti menginginkan udara yang sehat, dengan udara yang sehat maka resiko penyakit gangguan pernapasan akan berkurang. Polusi udara adalah perubahan sifat-sifat kimia, fisika dan biologis dari karakteristik udara yang menyebabkan efek yang tidak baik bagi manusia, hewan, tumbuhan serta lingkungan.

PM 2.5 dan PM 10 merupakan partikel yang ada dalam udara, ukurannya pun sangat kecil sebesar1/30 rambut manusia, partikel ini juga berasal dari berbagai macam sumber polusi, seperti asap mobil dan motor, pembakaran kayu, batu bara dan lain-lain. Partikel tersebut bisa membahayakan kita jika kadar kandungan dalam udara melebihi batas tertentu.

Karena polusi udara semakin meningkat, maka diluncurkan aplikasi yang dapat memantau kualitas udara di sekitar. Aplikasi ini bernama UdaraKita yang berfungsi untuk mengukur kualitas udara. Aplikasi UdaraKita ini diluncurkan oleh Greenpeace Indonesia. Aplikasi ini akan menampilkan Air Quality Index (AQI), kandungan PM 2.5 dan PM 10, nitrogen dioksida, hirogen sulfida, sulfur dioksida dan karbon monoksida. Semakin besar angka AQI, maka semakin besar juga tingkat polusi udaranya.

Aplikasi-yang-Dapat-Memantau-Kualitas-Udara-di-Sekitar

Cara menggunakan aplikasi UdaraKita ini membutuhkan alat pengukur kualitas udara yang bernama Laser Egg. Penggunaan Laser Egg ini persis seperti kipas pembuangan yang terdapat pada mesin penyejuk ruangan. Kipas pada Laser Egg akan menghisap udara dan menghitung angka AQI serta kandungan PM 2.5 dan 10.

Aplikasi-yang-Dapat-Memantau-Kualitas-Udara-di-Sekitar

Aplikasi-yang-Dapat-Memantau-Kualitas-Udara-di-Sekitar

Nantinya data dari Laser Egg diteruskan pada aplikasi UdaraKita secara real time. Data tersebut akan diterjemahkan ke dalam tingkat polusi udara yang dihitung dengan menggunakan standar AQI Amerika Serikat.

Aplikasi UdaraKita tidak bisa digunakan oleh sembarang orang. Orang yang mau menggunakan aplikasi ini harus memberitahu pihak Greenpeace Indonesia jika mau menjadi relawan. Dan para calon relawan harus terlebih dahulu memberi Laser Egg. Kalian bisa membeli Laser Egg ini di beberapa toko online dengan harga Rp 1.500.000.

Jika kalian sudah mempunyai alatnya, Greenpeace Indonesia akan memberikan beberapa syarat mulai dari tempat pemasangan Laser Egg hingga teknis pemasangan alat supaya data yang didapat lebih akurat.

Dengan adanya aplikasi UdaraKita, Bondan sang Juru Kampanye Iklim dan Energy Greenpeace Indonesia berharap supaya pemerintah tergerak untuk membangun hal yang sama dengan serius. Menurutnya, dengan modal yang relative kecil, hal ini bisa menghasilkan dampak yang besar.

Itulah Aplikasi yang Dapat Memantau Kualitas Udara di Sekitar. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih 😉