Jika kita memiliki sebuah smartphone Android, kita biasanya kurang tahu jika segala sesuatu yang ada di dalam smartphone dapat bekerja dengan benar atau tidak. Dan itulah mengapa ada berbagai aplikasi yang memungkinkan kita untuk menguji kemampuan hardware smartphone kita  dari sensor yang berbeda di dalamnya . Aplikasi tes ini juga dapat benar-benar berguna ketika kita akan  membeli smartphone second, dan kita ingin memastikan bahwa unit yang kita akan beli tidak rusak. Berikut daftar aplikasi test hardware android terbaik

1. Phone Tester

Apikasi Test Hardware Android pertama ada dari Miguel Torres, developer ternama dan sudah lama berkecimpung dalam dunia coding, dan menghasilkan aplikasi tester dengan nama Phone Tester.Dalam update terbarunya Phone Tester telah support dengan operating system android terbaru versi 6.0 aka Marshmallow. Sedangkan untuk uji hardware, phone tester menyediakan test Wi-fi, Telephone, GPS, Multtouch, Camera, Battery, System Information, dan sensors.
Aplikasi Test Hardware Android Terbaik (2017)

2. AnTuTu Tester

AnTuTu  berfungsi untuk melakukan test performa dan spesifikasi terhadap smartphone kita. Aplikasi ini bisa melakukan test seperti, CPU Tests, CPU Single Test, RAM Tests, GPU Tests, I/O Tests, LCD test, dan Multi Touch test. Dalam menampilkan informasi perangkat, aplikasi ini mampu menampilkannya dengan detail. Mulai dari RAM, CPU, sampai I/O. Di dalam AnTuTu Bencmark juga terdapat fitur AnTuTu Officer yang berguna untuk mengecek keaslian suatu smartphone.
Aplikasi Test Hardware Android Terbaik (2017)

3. Phone Doctor Plus

Aplikasi test hardware terbaik ini memang terbukti terbaik karena di tahun 2016 ini masuk ke dalam Top 10 Apps Utility terbaik android. System informasi yang bisa diberikan pun akurat dan tepat, serta mampu menguji kualitas di lebih 30 hardware smartphone kita seperti layar sentuh, earphone, microphone, speaker, CPU, kamera, dan masih banyak lagi
Aplikasi Test Hardware Android Terbaik (2017)

4. Geekbench 4

Geekbench 4 merupakan aplikasi benchmark yang cukup populer. Ada beberapa skenario test baru untuk menambah beban di CPU, cache, dan subsistem memori.Selain skenario test CPU baru, ada juga skenario test untuk GPU. Geekbench 4 sekarang bisa digunakan untuk mengetahui seberapa tinggi peforma komputasi dari sebuah GPU.

Aplikasi Test Hardware Android Terbaik (2017)

5. Droid Hardwer Info

List terakhir yaitu Droid Hardware Info yang dibuat oleh InkWired. Apikasi ini mencangkup semua info komponen hardware yang ada secara mendetail, hingga bagian sensor terkecil pada sebuah smartphone android.

Aplikasi Test Hardware Android Terbaik (2017)