Sejumlah aplikasi yang terdapat pada Smartphone banyak yang menggunakan koneksi  internet. Belum lagi aplikasi – aplikasi canggih pendukung kegiatan sehari – hari kita yang mengharuskan menggunakan koneksi internet.

Jika banyak aplikasi tapi tidak memiliki paket data atau sedang tidak ada koneksi internet mungkin akan kesusahan untuk melakukan suatu kegiatan yang sifatnya mendadak. Kini ada aplikasi yang tidak memperlukan koneksi internet, jadi pengguna Smartphone bisa menggunakannya dengan maksimal.

Jadi pengguna tidak perlu bingung lagi ketika tidak ada paket data ataupun koneksi internet. Pengguna bisa mengunduh beberapa aplikasi yang dapat membantu dalam keadaan darurat atau urgent. Tidak hanya itu, meskipun Smartphonenya tidak ada sinyal sekalipun ternyata  masih bisa diakses loh. Aplikasi yang sudah diunduh memiliki fungsi yang dapat membantu.

Berikut aplikasi Smartphone tanpa koneksi internet, ternyata bisa berguna :

1.GPS Offline

Aplikasi ini sangat berguna sekali saat pengguna sedang tersesah atau tidak mengetahui alamat. Karena jika kita sedang tersesat di lokasi yang sepi tanpa ada Smartphone pasti akan kebingungan bukan? Dengan adanya Smartphone kita bisa menghubungi kerabat, teman dengan mudah. Bahkan jika sedang tidak memiliki pulsa ataupun paket data, dengan menggunakan aplikasi GPS Offline ini pengguna akan dengan mudah menemukan alamat dengan tepat.

Salah satu aplikasi GPS Offline adalah Sygic Car Navigation. Aplikasi ini dilengkapi dengan ukuran file kurang lebih 80 MB.  Cara menggunakan aplikasi ini adalah pada saat pertama kali pengguna menggunakan aplikasi ini, pengguna akan diminta untuk mengaktifkan GPS Handphone terlebih dahulu untuk mendownload data yang diperlukan seperti peta Indonesia. Jika sudah, pengguna bisa aktifkan navigasi

2.Emergency Button

Aplikasi emergency button ini berfungsi untuk mengirimkan pesan darurat. Jadi pada saat kita sedang dalam keadaan darurat tidak perlu khawatir, cukup menggunakan aplikasi emergency button. Cara menggunakan aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  1. Install terlebih dahulu aplikasi emergency button
  2. Jika sudah, buka aplikasinya emergency button yang berwarna merah
  3. Atur email, nomor telepon, isi pesan yang akan dikirimkan dalam keadaan darura
  4. Setelah sudah lengkap semua datanya lalu klik tombol Press to send emergency message.

Pesan tersebut akan dikirimkan ke nomor hp yang sudah dimasukan sebelumnya. Akan lebih efektif lagi jika ada koneksi internet, pesan ini akan dikirimkan juga via email.

Itulah beberapa aplikasi Smartphone tanpa koneksi internet, ternyata bisa berguna juga. Maka dari itu kita harus bisa memanfaatkan aplikasi – aplikasi yang sudah tersedia di Google Play Store. Semoga bermanfaat ya teman – teman.