Saat kita menggunakan Smartphone tanpa koneksi internet memang sangat sulit, karena sudah banyak Smartphone menggunakan koneksi internet sebagai kebutuhan kita.
Berikut aplikasi Smartphone yang sangat berguna sekali pada saat kita ada koneksi internet.
1. Aplikasi super bright LED flashlight. Aplikasi ini sangat berguna sekali pada saat mati lampu. Karena pada saat mati lampu dan tidak memiki perlengkapan saat mati lampu tersebut kita akan kebingungan. Tapi dengan adanya super bright LED flashlight ini kita tidak perlu khawatir. Cukup menginstall di Smartphone. Caranya install klik ikon Flashlight – untuk menggunakannnya hanya dengan menggeser tombol on atau off. Mudah bukan
2. Kita juga bisa menggunakan GPS Offline untuk menemukan alamat pada saat waktu yang darurat. Biasanya ketika kita berpergian dan tidak mengetahui jalan kita menggunakan GPS yang harus terkoneksi dengan internet yaitu Google Maps.
Dengan menggunakan GPS Offline ini kita akan terbantu sekali saat mencari alamat dengan mudah. Aplikasi GPS Offline ini dinamakan dengan Sygic Car Navigation. Memiiki ukuran yang cukup kecil yakni 80 MB. Langkah awal untuk menggunakan aplikasi ini, kita diminta untuk mengaktifkan GPS pada Smartphone yang sedang kita gunakan. Lalu mendowload beberapa data yang diperlukan data untuk data peta Indonesia. Untuk data yang kamu download itu diperlukan 300 MB. Aktifkan GPS Smartphone kita, setelah itu baru kita bisa menggunakan atau memulai navigasi, ketiklah nama tempat yang ingin kamu tuju lalu tekan start.
3. Aplikasi emergency botton adalah aplikasi untuk kondisi darurat saat kita membutuhkan bantuan. Caranya adalah
– Install aplikasi emergency button, lalu klik ikon emergency yang berwarna merah.
– Atur email, nomor telephone, lalu isi pesan yang akan dikirimkan pada saat mengalami keadaan darurat.
– Setelah sudah terisi lengkap lanjut dengan klik tombol press to send emergency message.
– Pesan darurat akan segera dikirimka ke nomor Smartphone yang telah didaftarkan. Jika menggunakan koneksi internet pesan tersebut akan dikirimkannya ke email yang telah didaftarkan juga. Isi pesannya adalah “ koordinat terakhir kami ketika mengirimkan pesan darurat tersebut”. Penerima pesan klik link yang dikirimkan dan buka dengan menggunakan Google Map.
Itulah aplikasi Smartphone yang cukup membantu dan berguna saat tidak ada koneksi internet. Anda dapat mencobanya untuk menginstall aplikasi diatas. Semoga bermanfaat.