Pelajar ataupun pekerja yang banyak berurusan dengan dokumen digital terkadang mengalami kerepotan membuka dan mengedit dokumen ketika tidak sedang berada di depan komputer ataupun laptop. Memanfaatkan smartphone sebagai alat untuk membantu bekerja dengan dokumen digital bisa menjadi pilihan yang sangat menguntungkan. Bekerja dengan dokumen – dokumen yang dibuat dengan Word dan Excel atau membuat persiapan presentasi dengan Power Point kini bisa dilakukan dengan cara yang lebih praktis. Microsoft Office Mobile merupakan aplikasi smartphone berbasis sistem operasi Android yang dapat digunakan untuk bekerja dengan dokumen digital menggunakan perangkat smartphone. Dokumen – dokumen dengan format bawaan dari perangkat lunak pengolah dokumen tersebut menjadi lebih mudah untuk dibaca, diedit dan disimpan di memori ataupun di cloud storage.

Sebagai sebuah versi mobile dari software pengolah dokumen; Microsoft Office Mobile memiliki banyak manfaat layaknya versi lengkap dari aplikasi tersebut. Karena alasan itulah ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan memasang aplikasi tersebut. Terutama bagi pengguna smartphone yang banyak beraktivitas dengan pengolahan dokumen dengan ekstensi doc, excel, ppt dan pdf. Menggunakan Microsoft Office Mobile untuk menulis atau melakukan editing tidak akan merubah format dari konten dokumen yang dikerjakan. Masalah perubahan format yang sering dialami ketika membuka dan mengedit dokumen dengan aplikasi atau perangkat lunak selain Microsoft Office tidak akan dialami lagi oleh pengguna aplikasi Microsoft Office Mobile ini.

Terdapat beberapa fitur berguna di aplikasi Microsoft Office Mobile yang dapat membuat aplikasi tersebut sangat bermanfaat bagi penggunanya. Fitur Cloud memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mengakses file yang tersimpan di cloud storage seperti OneDrive atau SharePoint. Manajemen dokumen di cloud storage juga akan memberi kemudahan bagi pengguna untuk mengakses file dan dokumen apa saja yang baru saja dibuka karena aplikasi ini dapat mengakses memori cloud storage. Kemudahan untuk melakukan editing pada dokumen menjadi kekuatan utama dari aplikasi Microsoft Office Mobile. Bahkan aplikasi tersebut dapat digunakan untuk melakukan editing pada file dokumen yang melekat pada sebuah email.