Indonesia adalah Negara yang memiliki beragam gaya bahasa daerah. Hampir setiap kota/pulau memiliki bahasa yang berbeda-beda. Warisan ini kemudian diabadikan dalam sebuah teknologi di aplikasi smartphone. Beberapa aplikasi kamus bahasa daerah yang bisa di download di Play Store secara gratis, yaitu :

1. Hanacaraka

DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) telah merilis sebuah aplikasi Android yang berisi mengenai Cara Baca Tulis dan Game Aksara Jawa. Hanacaraka dibuat dalam rangka memperingati Hari Guru. Di dalam aplikasi ini, terdapat kurang lebih 250 bahasa daerah termasuk bahasa Jawa. Aplikasi yang dibuat oleh Bapak Teguh Budi Sayoga diharapkan bisa membuat masyarakat ingat selalu dengan Aksara Jawa dan supaya terhindar dari kepunahan Aksara Jawa.

2. Basa Sunda

Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan oleh GITS Indonesia. Selain membuat kamus Basa Sunda, GITS Indonesia telah berhasil membuat kamus Bahasa Indonesia – Inggris yang diberi judul Bahasa Dictionary. Kamus Basa Sunda ini sudah bisa di download melalu Play Store . Aplikasi ini sudah bisa memikat hati para pengguna Android sebanyak 10 ribu lebih pengguna. Ukurannya pun sangat kecil, hanya 63Kb. Kamus Basa Sunda memudahkan Anda untuk menerjemahkan Bahasa Indonesia – Bahasa Sunda, ataupun sebaliknya.

3. Bahasa Sulawesi Selatan

Ingin mencoba menguasai bahasa Makassar? Nah, dengan memiliki aplikasi “Kamus Bahasa Sulsel” Anda akan dipandu belajar bahasa Makassar. Aplikasi ini juga menyediakan bahasa bugis, bahasa duri dan bahasa konjo. Filenya pun tidak berat, hanya dengan 533Kb.

 

Semoga bermanfaat :)