Aplikasi Bermanfaat Untuk Petani Indonesia – Kemajuan sistem informasi yang di sajikan dalam bentuk aplikasi tidak hanya di gunakan bagi para pengguna dengan profesi yang berkecimpung dalam kehidupan modern seperti pelajar, karyawan, pengusaha atau Ibu ruamh tangga. namun kini apliaksi teknologi ini juga dapat di manfaatkan oleh para petani tercinta Indonesia.

Demi peningkatan keberhasilan bidang pangan Indonesia, sebagai profesi petani juga membutuhkan kegiatan berbagi informasi dan berita terbaru mengenai media komunikasi yang praktis untuk digunakan. Dengan ini maka lahirlah sebuah startup teknologi bernama 8villages meluncurkan suatu aplikasi Android baru yang bernama Petani.

Sanny Ghadafi seorang pelopor 8villages mencoba untuk berinovasi membuat aplikasi mobile baru yang mendukung kegiatan berbagi informasi antar masyarakat yang berprofesi sebagai petani. Keren nya lagi aplikasi ini nanti nya dapat di gunakan oleh para petani yang masih menggunakan ponsel dengan fitur SMS ataupun yang sudah menggunakan smartphone Android, semuanya bisa mengakses layanan media sosial Petani yang digagas oleh 8villages.

Dengan mayoritas pekembangan teknologi yang lebih berfokus kepada masyarakat modern tetapi dengan adanya fasilitas yang di garap oleh 8villages ini menjadi suatu titik cerah bagi para petani indonesia yang mengalami keterbatasan dan permasalahan dalam memperoleh informasi dan pengetahuan terkini seputar bidang pertanian.

Dalam Aplikasi petani ini terdapat informasi dan artikel pertanian yang dibuat langsung oleh tim 8villages. Tak hanya itu saja, para petani juga dapat bergabung dalam forum online dengan sesama petani lain dari seluruh kawasan di Indonesia. 8villages juga mengembangkan dan meluncurkan aplikasi RPP (Rumah Petani Pintar) dengan konsep SMS. Peluncuran RPP tersebut telah dirilis secara resmi pada tanggal 2 September 2014.

Cara memperoleh informasi seputar pertanian pun bisa dilakukan dengan 2 cara, yakni melalui sistem SMS dan melalui akses website 8villages. Program aplikasi SMS ini secara langsung akan memudahkan para petani untuk berkomunikasi dan berkonsultasi dengan para penyuluh pertanian.