Popularitas BlackBerry Messenger sebagai platform pesan instan di android sudah tak terbantahkan lagi. Aplikasi ini lebih dikenal dengan sebutan sebagai BBM. Awalnya aplikasi ini hanya tersedia di smartphone khusus BlackBerry karena memang awalnya dibuat dan didesain oleh pihak BlackBerry itu sendiri. Tetapi, akhirnya pihak BlackBerry mau meluncurkan aplikasi BBM for Android secara gratis untuk smartphone dengan sistem operasi berbasis android, Windows phone, dan juga iOs. Bila Anda tertarik untuk memakainya sebagai media berkirim pesan instan, maka Anda bisa langsung mengunduhnya di Google play Store.
Aktivasi Mudah

Setelah Anda mengundung BBM for android di Google Play Store, maka Anda tinggal menginstallnya. Untuk mengaktivasinya, Anda bisa mengikuti langkah – langkahnya yangbiasanya memakai alamat email bisa Gmail ataupun Yahoo. Proses aktivasinya sangat mudah. Setelah Anda mendaftar, maka Anda akan memperoleh PIN. Nomor PIN inilah amat penting untuk bisa mengundang pengguna BBM for Android lainnya. Nomor ini berguna untuk menjaga kerahasiaan dan privasi dari penggunanya.  Dan, proses aktivasi ini hanya berlangsung tak lebih dari 5 menit.

Mengirim Pesan Instan Sangat Cepat dan Sederhana

Untuk memulai percakapan dengan memakai BBM, prosesnya sangat sederhana. Anda bisa berkirim pesan, foto, pesan suara, ataupun telepon ke dalam salah satu teman kontak di BBM Anda. Bila Anda mengirimkan foto dan pesan, tetapi terlihat ikon D maka ini berarti bahwa pesan Anda sudah terkirim tetapi belum dibaca. Sedangkan ikon R menandakan bahwa pesan Anda sudah terkirim dan dibaca. Di dalam BBM, juga terkenal dengan Ping. Ini merupakan perintah paling terkenal untuk menarik perhatian teman atau meminta teman yang dikirimi pesan untuk segera membalas pesan Anda.

Bisa Membuat Obrolan di BBM for Android

Selain berkirim pesan, Anda juga bisa membuat obrolan di grup BBM for android. Di grup BBM, Anda bisa mengundang beberapa kontak untuk bergabung. Anda bisa mengirimkan pesan ataupun obrolan singkat di dalam grup ini. Biasanya grup ini bertujuan untuk mendekatkan seseorang dengan orang lainnya.

Kinerja BBM Yang Keren

BBM for android mempunyai hampir semua fitur klasik di dalamnya. Tetapi kekurangannya, beberapa fitur modern tidak disematkan pada aplikasi ini sehingga terasa sedikit tertinggal dibandingkan dengan yang lainnya. Selain itu, aplikasi BBM ini memakan banyak ruang sehingga akan membuat kinerja smartphone melambat jika kapasitas memori ataupun RAM sangat kecil. Walaupun memiliki sedikit kekurangan, BBM juga mempunyai kelebihan seperti kinerjanya yang oke punya. Layanan BBM for android ini cukup stabil dan cepat sehingga bisa diandalkan untuk mengirimkan pesan instan.