Smartphone Anda memiliki RAM 2 GB dan Anda merasa kalau aplikasi yang Anda miliki tidak terlalu banyak tapi kenapa smartphone Anda lemot? Bisa jadi ada aplikasi yang Anda pasang yang memakan RAM cukup besar. Kenapa bisa memakan RAM cukup besar? Karena aplikasi tersebut masih aktif dan berjalan di latar belakang sehingga memakan RAM yang cukup besar. Apa saja aplikasi yang harus Anda “hindari” ini?

  1. Path
    Aplikasi ini memakan RAM cukup besar, sekitar 79 MB. Mau bagaimana lagi, path ini asik digunakan karena fiturnya yang menarik dan juga privasi kita bisa dijamin.
  2. Whatsapp
    Siapa sih yang tidak tahu tentang whatsapp? Hampir semua pengguna smartphone memakai whatsapp untuk aplikasi chatting. Whatsapp ini mamakan RAM sebesar 56 MB
  3. BBM (Blackberry Messenger)
    Dan aplikasi chatting selanjutnya yang memakan RAM cukup besar adalan BBM atau Blackberry Messenger. Dulunya aplikasi ini hanya tersedia di platform blackberry saja tapi sekarang sudah digunakan di platform android dan iOS. Ukuran memori dari BBM ini lumayan besar, lebih besar dari path yaitu sebesar 176 MB.
  4. Hangouts
    Hangouts adalah aplikasi chatting yang terintegrasi dengan Google+. Hangouts ini memakan RAM sebesar 68 MB.
  5. Line
    Fitur dalam aplikasi ini sangat menarik, mulai dari chatting, video call, sampai melakukan panggilan suara pun bisa. Dan lebih asik lagi kita bisa chatting dengan menggunakan stiker yang menarik. Line ini memakan RAM sebesar 129 MB.
  6. Facebook
    Aplikasi facebook ini adalah aplikasi yang paling banyak memakan RAM diantara aplikasi yang tadi sudah saya sebutkan. Facebook ini memakan RAM sebesar 239 MB. Sangat boros bukan? Kalau memang mau lebih hemat penggunaan RAM bisa memakai Facebook Lite, ini hanya memakan 5 MB. Anda masih bisa terhubung ke jejaring sosial facebook dengan menggunakan Facebook Lite.

Kalau Anda memasang aplikasi-aplikasi tersebut, bisa jadi smartphone Anda akan melambat karena RAM yang begitu penuh. Semoga bermanfaat 🙂