Sudah banyak merek smartphone yang menawarkan ukuran megapiksel atau bisa disingkat “MP” kameranya sangat besar. Ada yang 8 MP, ada juga yang 13 MP dan bahkan ada ponsel keluaran terbaru dengan ukuran kameranya 23 MP. Tapi sebenarnya ukuran megapiksel bukanlah jaminan kualitas kamera smartphone semakin baik.

Megapiksel adalah resolusi sebuah kamera, yang dihitung dari jumlah piksel vertikal X jumlah piksel horizontal yang berdasarkan dari aspek ratio kameranya.

Pada kamera smartphone terdapat sensor yang berukuran sangat kecil . Apabila ukuran megapksel semakin besar yang dipakai di sensor kecil tersebut, maka semakin banyak bintik-bintik yang akan muncul di setiap foto. Produsen sensor kamera ponsel OmniVision Technologies membuktikan konsep ini.

123
Produsen sensor mulai menekan kinerja per piksel dan ukuran sensor agar kualitas foto dan video makin baik. Hal ini dikarenakan kebutuhan kamera di smartphone yang semakin meningkat.
Seharusnya yang semakin ditingkatkan adalah sensor pada kamera tersebut bukannya ukuran megapiksel. Sensor dengan desain bertumpuk adalah solusi untuk hasil foto dan rekaman video yang bagus.

Selain sensor kamera, kualitas lensa kamera mempengaruhi kejernihan kualitas foto dan bagaimana cahaya dapat masuk dan sampai pada sensor kamera. Karena itu perlu diperhatikan juga kualitas lensa yang digunakan pada kamera smartphone.

Sekarang sudah tahu kan kalau ukuran megapiksel tidak menjamin kualitas kamera smartphone Anda bagus. Mulai sekarang perhatikan sensor kamera dan juga lensanya. Semoga bermanfaat 🙂