Penggunaan wifi sering kali kita gunakan untuk mengaktifkan koneksi internet ke sambungan Smartphone. Karena Smartphonelah perangkat yang mudah dibawa kemana saja dan sangat membantu sekali untuk kegiatan kita sehari – hari.

Sering kali kita berburu wifi di lokasi sekitar kita berada. Biasanya koneksi atau jaringan wifi ini banyak di tempat umum seperti, Café, restoran, bandara, hotel dan tempat – tempat nongrong lainnya.

Bisa juga kita berbagi wifi dengan teman kita dengan cara tethering. Tapi jangan sembarang menggunakan wifi, karena biasanya wifi umum itu juga berbahaya untuk keamanan Smartphone kita. Karena selain kita yang menggunakan wifi ini kita juga berbagi jaringan juga dengan orang lain, sehingga dalam 1 konesi internet bisa terhubung dengan jaringan yang sama.

Jadi kita harus memperhatikan sistem keamanan pada Smartphone. Apa saja yang tidak diperbolehkan saat menggunakan wifi umum demi keamanan Smartphone kita.

Berikut apa saja yang tidak diperbolehkan saat menggunakan wifi umum:

  1. Hal pertama yang perlu diperhatikan, pastikan jangan mengecek email atau rekening bank saat menggunakan wifi umum. Karena bisa saja para hacker sedang ada disekeliling kita yang sengaja menyadap identitas kita. Jangan identitas kita jatuh pada hacker karena bisa saja para hacker menggunakan identitas kita untuk disalahgunakan.
  2. Jangan sampai terkena kebocoran data dengan cara pada saat kita di lingkungan rumah masih bisa bagi kita untuk berbagi file atau jaringan koneksi internet ke lingkungan sekitar saja. Tapi jangan sampai pada saat diluar menyalakan koneksi untuk berbagi file secara umum, sangat disarankan sekali untuk mematikan fitur ini. Jadi untuk mencegah orang – orang sekitar kita melihat data pribadi.
  3. Saat menggunakan wifi umum kita harus berhati – hati, karena dengan koneksi internet yang terhubung dengan orang lain ini juga bisa bertukar banyak informasi.
  4. Nah ini hal ini sangat penting juga, pada saat kita menggunakan wifi umum hindari menggunakan aplikasi yang tidak resmi. Jika ingin menggunakan browser, gunakan browser resmi pada computer.

Itulah apa saja yang tidak diperbolehkan saat menggunakan wifi umum karena tidak semua wifi yang disediakan oleh umum itu aman. Semoga bermafaat.