Lamanya pengisian daya baterai tergantung dengan kapasitas baterai itu sendiri. Mungkin kalau kalian yang memiliki smartphone dengan baterai berkapasitas besar memakan waktu yang cukup lama dalam mengisi dayanya bisa dianggap wajar tapi bagaimana dengan baterai smartphone yang kapasitasnya tidak terlalu besar dan memakan waktu yang cukup lama untuk mengisi dayanya? Pasti ada yang tidak beres. Apa saja penyebab pengisian daya baterai yang memakan waktu lama ini? Yuk baca artikel ini sampai selesai.

1. Adapter Charger Rusak

Dalam pengisian daya baterai peran adapter sangatlah penting, jika adapter charger smartphone milik Anda rusak maka sudah dipastikan kalau Anda tidak akan bisa mengisi daya baterai smartphone Anda. Ada juga ketika adapter charger smartphone Anda terbentur ataupun jatuh maka bisa merusak komponen di dalamnya atau bisa juga menggeser komponen kecil di dalamnya yang menyebabkan proses isi ulang smartphone Anda memakan waktu yang lama. Ayo mulai sekarang perhatikan adapter charger smartphone Anda supaya tidak terjadi kerusakan komponen di dalamnya.

2. Perhatikan Port USB

Ketika Anda sering menggunakan charger smartphone milik orang lain dan sering berganti-ganti charger, sebaiknya hilangkan kebiasaan ini karena bisa merusak port USB. Selain hal tersebut yang bisa merusak port USB dengan mengisi daya baterai semalaman.

3. Koneksi Data Aktif

Jika Anda sedang mengisi daya baterai dan koneksi data internet aktif sudah pasti akan memakan waktu yang lama. Hal ini terjadi karena banyak aplikasi yang pasti aktif. Ketika kita sedang menggunakan smartphone dan koneksi data internet aktif pastinya baterai cepat habis, begitu pula ketika sedang mengisi daya baterai yaitu proses isi ulang pasti akan lambat.

4. Kabel USB Rusak

Di poin kedua membahas tentang port USB yang rusak. Coba periksa kembali apabila port USB tidak rusak bisa jadi yang rusah adalah kabel USB. Rusaknya kabel USB juga mempengaruhi waktu pengisian daya baterai smartphone. Anda bisa melakukan tes pada kabel USB dengan mengganti kabelnya dengan kabel yang lain. Kalau ketika menggunakan kabel yang lain pengisian daya baterainya lebih cepat sudah dipastikan kabel USB milik Anda rusak.

Itulah beberapa penyebab lamanya mengisi daya baterai. Kalau ingin cepat dalam mengisi daya baterai ada baiknya untuk mengaktifkan mode pesawat terbang atau airplane mode. Semoga bermanfaat ya 🙂