Pernahkah kalian mendengar istilah HP Replika? HP BM? Dan HP refurbished? Apa saja perbedaannya? Pada artikel kali ini saya akan membahas apa maksud dari HP BM, Replika dan Refurbished. Yuk baca artikel ini sampai selesai

1. BM atau Black Market

HP Black Market ini sebenarnya HP asli tapi cara pemasarannya saja yang ilegal karena jalur pendistribusiannya tidak resmi. HP Black Market ini masuk ke Indonesia tidak dikenai pajak maka dari itu, harga HP Black Market pasti lebih murah dari harga pasaran pada umumnya. Tapi kalau kita perhatikan harga HP Black Market dengan HP resmi tidak jauh berbeda. Perbedaannya hanya 20% sampai 30% saja.

2. Replika

HP replika ini adalah tiruan atau palsu. Tampilannya sama persis dengan yang asli namun pasti ada perbedaannya antara yang asli dan palsu. Bisa dilihat dari harganya juga, kalau HP replika sudah pasti harganya lebih murah dibandingkan dengan harga aslinya. Selain itu dilihat juga dari fitur yang ada di HP tersebut biasanya tidak sebaik fitur yang ada pada HP asli. Jenis smartphone yang sering dipalsukan biasanya Samsung dan iPhone namun sekarang juga ada merk lain yang ikut dipalsukan yaitu Xiaomi.

3. Refurbished

HP jenis ini (refurbished) adalah HP yang rekondisi atau HP yang tadinya rusak lalu diperbaiki lagi. Biasanya ketika ada orang yang mengalami kerusakan HP dan masih dalam masa garansi resmi mereka akan membawa HP tersebut ke service center resmi tetapi HP tersebut tidak diperbaiki melainkan diganti dengan HP yang baru, sedangkan HP yang rusak ini diperbarui dari sisi fisik supaya bisa dijual lagi. Biasanya HP refurbished dijual dengan harga yang lebih murah dari harga normal, berbeda sekitar 50% dengan harga normal.

Itulah maksud dari HP BM, replika dan refurbished. Jangan tertarik dengan harga yang lebih murah ya, bisa jadi itu HP palsu. Semoga bermanfaat ya 🙂