HDR. Ketiga huruf kapital yang sering hadir dalam banyak aplikasi kamera smartphone dan kebanyakan dari kita tidak mengetahui apa itu HDR. Sangat di sayangkan sekali jika kita mempunyai tools yang bagus tetapi kita tidak tahu fungsinya apa bahkan sekedar tahu itu apa pun sama sekali tidak tahu. Mari kita cari tahu ap itu HDR dan kapan tools itu dapat di gunakan atau pun jangan di gunakan.

Apa itu HDR?
Dalam hal foto, rentang dinamis adalah perbedaan antara unsur-unsur gelap dan terang pada gambar. High Dynamic Range atau HDR adalah proses yang meningkatkan jangkauan dinamis ini melampaui apa yang sebenarnya dapat ditangkap oleh lensa smartphone kita. Meskipun tujuan akhir dari HDR adalah untuk membuat gambar lebih mengesankan, itu bukan fitur yang harus digunakan untuk pada setiap foto. Di bawah ini, kami telah menyoroti penggunaan terbaik untuk HDR, serta cara kerjanya seperti apa.

Bagaimana HDR bekerja?
Ketika kita mengambil foto dengan tool HDR diaktifkan, kamera menangkap beberapa gambar secara berurutan dengan nilai eksposur yang berbeda. Perangkat lunak kamera smartphone kemudian menggabungkan gambar-gambar ini menjadi satu foto yang mempertahankan detil dari yang paling gelap dan daerah yang paling ringan.

Sebelum fungsi ini menemukan jalan ke kamera smartphone, kita harus menangkap tiga foto (dengan kamera pilihan kita), mentransfernya ke PC, membukanya di Photoshop atau sesuatu yang serupa dan menggunakan fungsi software HDR untuk mengkompilasi tiga gambar bersama-sama, menyoroti bagian terbaik dari masing-masing untuk mencapai efek yang sama.

Kapan kita harus menggunakan HDR?
Landscapes
Pencahayaan adalah salah satu aspek yang paling penting dari foto, tapi di luar ruangan, sinar matahari dapat menyebabkan terlalu kontras. HDR bisa menyeimbangkan perbedaan ini sehingga ada bagian yang lebih sedikit dari yang terang putih atau hitam gelap. Lihatlah dua foto di bawah ini dan melihat bagaimana detail di langit menjadi lebih terlihat dengan HDR yang diaktifkan.

Apa Itu HDR dan Kapan Kita Menggunakan HDR Pada Kamera Ponsel? dengan HDR

Apa Itu HDR dan Kapan Kita Menggunakan HDR Pada Kamera Ponsel? tanpa HDR

Cahaya rendah dan backlit scenes
Jika foto terlalu gelap di daerah tertentu HDR dapat digunakan untuk meningkatkan tingkat keseluruhan kecerahan. Catatan: Jika tidak ada cahaya sama sekali dalam lingkungan tertentu maka HDR tidak bisa bekerja karena dia bekerja atas dasar mengambil elemen gelap dan terang pada gambar dan menggabungkan mereka.

Kapan sebaiknya kita tidak menggunakan HDR?
Kontras Tinggi

Beberapa foto terlihat lebih baik dengan kontras yang kuat antara area terang dan gelap. Menggunakan HDR akan mengurangi kontras ini, sehingga efeknya kurang jelas.

Foto Dengan Warna yang Hidup
HDR pasti bisa membawa semangat untuk warna yang tak bernyawa dalam sebuah foto. Tetapi jika kita sedang berhadapan dengan warna-warna yang sudah sangat hidup, HDR dapat membuat mereka terlihat norak. Hati-hati untuk tidak terlambat saturasi warna.

Apa Itu HDR dan Kapan Kita Menggunakan HDR Pada Kamera Ponsel? tanpa HDR

Apa Itu HDR dan Kapan Kita Menggunakan HDR Pada Kamera Ponsel? dengan HDR

Bagaimana saya tahu jika telepon saya memiliki HDR?

Sebagian besar ponsel modern memiliki pengaturan HDR, tetapi untuk memanfaatkanny kita mungkin perlu mengaktifkan dalam pengaturan kamera. Kadang-kadang pengaturan aplikasi kamera ponsel kita pun memang sudah otomatis sudah ada pengaturan HDR. Jika ponsel kita tidak datang dengan HDR, ada sejumlah solusi yang tersedia di Google Play Store, yang menawarkan hasil yang bervariasi.