Tidak ada sistem yang benar-benar aman, apa memang begitu ? Ternyata memang benar kata-kata yang sering atau mungkin pernah Anda dengar itu. Dalam dunia teknologi tidak ada sistem yang benar-benar aman termasuk juga sistem operasi baik itu sistem operasi komputer atau sistem operasi smartphone, OS smartphone yang saat ini sedang digandrungi oleh banyak orang adalah Android. OS yang dikembangkan oleh google ini dikenal dengan OS yang open source dan user friendly, tapi ada beberapa Ancaman Yang Perlu Diperhatikan Pengguna Android. Berikut ulasan singkatnya.

1. Stagefright
Stagefright merupakan salah satu celah keamanan dari android dan rentan dibobol oleh hacker. Untuk melakukan stagefright hacker hanya mengirimkan MMS pada para korban. Dan lewat metode ini para hacker akan menyelipkan celah kerentanan yang ada pada media playback android, dan bila itu berhasil maka hacker terebut akan mengambil data pribadi Anda. Contohnya seperti mengendalikan kamera, mikrofon dan lainnya.

2. Fingerprint
Seperti yang kita tahu bahwa android memiliki fitur fingerprint (pemindai sidik jari). Tapi menurut penelitian android yang mempunyai fitur tersebut mudah untuk diretas, apakah memang benar begitu ? Namun rentannya android yang memiliki fitur ini bukan dikarenakan kesalahan pada sistem operasi. Lalu mengapa fingerprint mudah diretas ? Itu karena android tidak menghadirkan fitur fingerprint secara native.

3. UI Spoofing
Kerentanan juga dapat terjadi ketika android melakukan proses multitasking. Ketika android melakukan multitasking para hacker memanfaatkan celah untuk masuk dan mendapatkan akses login kredesial korbannya. Selain itu hacker juga bisa memasukan sebuah malware yang disebut dengan “ransomware” yang dapat memantau aktivitas pengguna smartphone tersebut.

4. Ransomware
Ransomware bisa dikatakan malware yang berbahaya bagi pengguna android. Biasanya ransomware terdapat pada sebuah kode aplikasi, yang nantinya pengguna akan dijebak untuk mengunduh patch software setelah diunduh maka malware tersebut akan mengambil alih android Anda dan menguncinya. Dan yang paling parah lagi para pengguna android yang sudah terkena malware ini akan diminta sejumlah uang untuk membuka kunci akses tersebut.