Orang-orang lebih familiar dengan mesin pencari Google, ada juga yang sudah mengenal Yahoo dan Bing sebagai mesin pencari selain Google. Pada artikel kali ini saya akan mengenalkan 3 mesin pencari selain yang sudah terkenal dan sudah biasa kita gunakan yaitu Google. Apa saja mesin pencari tersebut?

 

  1. Startpage
    startpage_logo_03
    Startpage adalah mesin pencarian anonim yang cocok untuk Anda gunakan jika Anda tidak ingin privasi Anda dicatat secara online. Anda bisa menggunakan Startpage  untuk berselancar di dunia maya secara anonim. Startpage ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2005.
  2. Ixquick
    ixquick
    Mesin pencari Ixquick ini banyak fitur yang melindungi privasi penggunanya. Ixquick menjadi mesin pencari pertama yang disetujui oleh Uni Eropa pada tahun 2008. Ixquick menjamin alamat IP setiap penggunanya tidak akan tersebar dengan pihak ketiga.
  3. DuckDuckGo
    1280px-DuckDuckGo_Logo.svg
    DuckDuckGo diluncurkan pada tahun 2008 oleh Gabriel Weinberg. Secara sekilas DuckDuckGo adalah mesin pencari yang sama dengan mesin pencari lainnya. Tapi ada alasan kenapa mesin pencari ini lebih baik dibanding mesin pencari lainnya. Beberapa alasannya adalah iklan yang jauh lebih sedikit, pencarian informasi yang terkadang jauh lebih baik dan kurangnya pengulangan.

3 mesin pencari ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang tidak ingin alamat IP atau identitas Anda diketahui dengan pihak ketiga. Semoga bermanfaat 🙂