Selama ini, teknologi telah mengubah banyak hal dalam hidup kita. Teknologi akan terus membawa perubahan di dunia. Di tahun 2020-an besok, kita harus bersiap-siap dengan perubahan besar yang akan terjadi. Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika RI, ada 7 teknologi baru yang sedang dikembangkan. Hal ini berdasar pada riset termutakhir dari World Economic Forum. Berikut ketujuh teknologi tersebut.

1.     Internet of Things

Internet of Things (IoT) akan mulai digunakan di seluruh dunia pada tahun 2020. Teknologi ini berupa peralatan yang dapat mentransfer data ke perangkat lain tanpa membutuhkan interaksi manusia. Perangkat ini memiliki sambungan internet sendiri untuk berkomunikasi dengan perangkat lain.

2.     Robot

Robot akan mulai digunakan secara luas pada tahun 2021. Sebenarnya, saat ini sudah ada beberapa robot yang mulai diperkenalkan. Namun, penggunaannya masih dalam tahap penelitian dan memerlukan penyempurnaan. Di tahun 2021, teknologi robot akan sudah disempurnakan. Sehingga, khalayak umum sudah bisa merasakan manfaatnya, Dengan adanya robot, manusia akan banyak terbantu. Robot untuk bidang kesehatan, misalnya, dengan robot ini operasi dapat dilakukan lebih baik dan teliti. Selain itu, dokter bedah juga lebih ringan kerjanya karena tidak perlu melakukan operasi selama berjam-jam.

3.     Chip atau sensor

Di tahun 2022, chip juga akan dipergunakan secara luas. Chip atau sensor ini dapat memberi manfaat pada berbagai aspek kehidupan. Dengan adanya teknologi ini, data pemakainya dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas hidup mereka. Selain itu juga berguna bagi pihak penegak hukum. Chip nantinya akan disisipkan di benda-benda tertentu dalam perolehan datanya.

4.     Implanted phone

Teknologi ini rencananya akan diluncurkan pada tahun 2024. Dengan implanted phone, manusia tidak perlu membawa Smartphone kemana-mana. Hal ini karena komponen Smartphone akan tertanam di otak manusia. Beberapa orang mungkin sedikit ngeri dengan teknologi ini.

5.     Digital health

Teknologi ini akan mulai diluncurkan pada tahun 2024. Dengan teknologi ini, manusia akan dapat mengontrol kesehatannya dengan lebih baik.

6.     Ride sharing car

Teknologi ini semacam Gocar dan Grab Car. Ride sharing car akan menjadi hal umum di tahun 2026 kelak.

7.     Artificial intelligent

Artificial intelligent alias kecerdasan akan diluncurkan pada tahun 2026. Saat ini, teknologi ini sudah mulai dikembangkan.