Tidak dapat dipungkiri jika Instagram sudah masuk kesela-sela kehidupan masyarakat modern masa kini. Aplikasi Instagram sudah menjadi begitu popular bahkan ketika baru pertama kali mendarat di perangkat iOs, dan semakin melambung eksistensinya ketika Instagram resmi meluncurkannya diperangkat Android pada April 2012. Saking populernya, aplikasi ini seakan menjadi aplikasi wajib disetiap smartphone, hingga tidak heran jika facebook berani mengakuisisi Instagram senilai 1 Milyar dolar amerika pada tahun 2012 silam. 

Meski sudah lama mendarat di perangkat iOs dan Android, Instagram baru mulai melirik Windows Phone setelah satu setengah tahun lebih peluncurannya di Android. Bukan tanpa sebab, kurang diminatinya Smartphone berbasis windows phone dikalangan pengguna, disebut-sebut sebagai alasan keterlambatan peluncuran instagram di perangkat Windows phone.

Walaupun sudah resmi mendarat di Windows phone. Facebook nyatanya masih belum mau mengembangkan aplikasi mereka, bahkan setelah 2 tahun lebih mendarat di Windows phone. Hal itu bisa dilihat dari belum berubahnya status aplikasi Instagram di Windows phone yang mana bisa kita lihat di bursa (App Store Versi WinPhone) status Instagram masih versi beta dan belum menjadi versi final sampai detik ini. Dengan statusnya yang masih beta, tentu Instagram versi Windows phone masih memiliki banyak kekurangan. Seperti aplikasi yang sering forced close hingga pengguna kesulitan dalam mengupload sebuah foto ataupun Video.

Bagi anda pengguna smartphone berbasis Windows phone, hal tersebut tentu akan sangat mengganggu aktifitas anda di Instagram, Namun anda tidak perlu khawatir, anda masih bisa mengakses Instagram di windows phone anda tanpa perlu takut masalah yang sudah disebutkan diatas, dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu aplikasi 6tag.

wp_ss_20160806_0001 wp_ss_20160806_0002

Aplikasi besutan Rudy Hyun ini sudah hadir terlebih dahulu di windows phone bahkan sebelum Instagram resmi mendarat di Windows phone, tentu setelah mendapat sertifikasi resmi dari pihak Instagram. Meski hanya berupa aplikasi pihak ketiga, 6tag memiliki fitur yang sama persis dengan aplikasi resmi Instagram di perangkat iOs dan android. Bahkan dengan menggunakan 6tag pengguna bisa mengunduh hasil foto yang di share oleh pengguna Instagram lain. Dan yang lebih menariknya lagi, dengan aplikasi 6tag, pengguna dimungkinkan untuk menshare ulang (regram) hasil foto pengguna Instagram lain.

wp_ss_20160806_0003 wp_ss_20160806_0005

Selain fitur-fitur yang telah disebutkan diatas, 6tag juga telah menghadirkan fitur live tiles, yang mana dengan fitur tersebut pengguna dimungkinkan untuk dapat melihat informasi seputar akun instagram penggunanya, seperti notifikasi pertemanan dan like akan dimunculkan secara real time di layar Home Screen.

6tag sendiri dapat diunduh secara gratis dan berbayar di windows phone. Sama seperti aplikasi berbayar lainnya. Dengan mendownload aplikasi 6tag versi berbayar pengguna akan dibebaskan iklan yang mengganggu.