Ketika melakukan perjalanan ke tempat yang asing bagi Anda tentunya memiliki panduan adalah hal yang bisa sangat membantu agar perjalanan Anda tidak diwarnai dengan tersesat, salah pilih tempat makan, tidak dapat kamar akomodasi, kesulitan ke sana sini, dan sebagainya. Beruntung di era digital di mana para millennial sangat suka bepergian kini ada banyak macam aplikasi smartphone yang bisa jadi penyelamat Anda. Apa saja rekomendasinya?

1.             Google Translate

Aplikasi penerjemah adalah aplikasi wajib yang Anda miliki apalagi kalau bepergian ke luar negeri. Google Translate punya antar muka yang simpel, to the point dan punya database bahasa yang cukup lengkap. Anda bisa mencari terjemahan kata atau frasa tertentu dengan mengetik, dengan mengambil foto, dan juga dengan percakapan. Sebelum berangkat Anda bisa mengunduh data pack bahasa yang ingin diterjemahkan agar Anda bisa menggunakannya tanpa harus online.

2.             Google Maps

Bagi pengguna Android, Google Maps sudah terinstal langsung di ponsel Anda tanpa harus mengunduhnya sendiri di Play Store. Sebelum berangkat pastikan Anda menggunakan Google Maps versi terbaru untuk mendapatkan fitur paling baru yang bisa membantu perjalanan Anda. Aplikasi ini punya fungsi yang cukup lengkap untuk traveler misalnya seperti navigasi, jalur transportasi umum, rekomendasi tempat fasilitas umum yang dekat dengan lokasi Anda, informasi akomodasi, dan sebagainya.

3.             WiFi Map

Aplikasi ini bisa membantu Anda untuk menemukan di mana saja hotspot yang tersedia yang ada di sekitar lokasi Anda. Sebelumnya Anda bisa mengunduh datanya terlebih dahulu sehingga ketika tiba di lokasi Anda bisa melihat peta WiFi tanpa harus menggunakan koneksi internet. Aplikasi ini gratis, namun versi berbayarnya bisa menunjukkan jangkauan peta yang lebih luas.

4.             Airbnb

Aplikasi ini paling terkenal dengan jaringan penginapannya yang cukup luas dan mencakup berbagai macam budget range sehingga Anda bisa memilih penginapan yang lebih pas dengan dana yang Anda miliki. Selain itu, kini Airbnb juga menambah fitur yang bisa membantu Anda menemukan aktivitas-aktivitas seru yang bisa dilakukan di wilayah tertentu yang dikumpulkan dari rekomendasi-rekomendasi traveler dan juga warga lokal.