Banyak sekali kegiatan yang seharusnya tidak kalian lakukan ketika charge HP atau smartphone. Tetapi, kadang kegiatan yang dilarang ini sudah menjadi kebiasaan sehingga HP atau smartphone kalian lebih cepat habis baterainya. Charge merupakan waktu dimana mungkin kalian tidak bisa leluasa menggunakan hp atau smartphone karena sedang diisi baterainya. Ada beberapa hal yang dilarang dan harus kalian hindari ketika sedang charge hp atau smartphone. Jika ingin hp atau smartphone kalian tidak gampang rusak, maka kalian tidak boleh melakukan 4 hal yang dilarang ketika charge hp atau smartphone.

Sekarang ini harga hp atau smartphone itu tidak murah ya teman-teman, jadi kalian harus merawatnya dengan baik. Terkadang kita memang tidak terlalu memperhatikan bahkan terkesan sering asal nge-charge hp kita. Padahal charge hp atau smartphone ini merupakan kegiatan yang harus kalian perhatikan agar hp tidak cepat rusaknya.

Berikut 4 Hal yang Di Larang Ketika Charge HP :

1. Jangan Tunggu Hingga 0%

Setiap baterai itu memiliki kapasitas charge cycle atau berapa kali charge hingga performanya menurun. Kalau misalkan kalian menggunakan smartphone hingga baterainya 0% banget maka kemungkinan akan menurunkan performanya. Untuk itu usahakan kalian nge-charge hp atau smartphone kalian dalam keadaan baterai tersisa sekitar 25%-30%.

2. Jangan Charge Semalaman

Sudah menjadi kebiasaan kalau kita sering memainkan hp atau smartphone sampai larut malam. Dan setelah itu, kita langsung nge-charge hp nya semalan agar besok paginya bisa kita gunakan kembali. Namun, dengan membiarkan hp atau smartphone kita di charge semalaman itu akan membuat baterai bisa kelebihan kapasitas dan bahkan beberapa kejadian bisa menimbulkan panas dan ledakan.

3. Jangan charge HP Menggunakan Charge Bajakan

Sangat disarankan sekali untuk nge-charge hp atau smartphone menggunakan charger bawaan hp itu sendiri. Dengan kata lain jangan menggunakan charger bajakan, karena itu tidak dapat menjamin baterai hp aman. Hasil output dari charger bajakan juga biasanya tidak sesuai dengan apa yang tertulis di depannya. Contohnya tertulis output 2A tetapi aslinya bisa dibawah 2A.

4. Jangan Charge di Atas Kasur atau Tempat Empuk

Menaruh hp dikasur atau dikursi yang empuk ketika sedang di charg,  itu sebenarnya bisa menimbulkan dampak buruk. HP atau smartphone ketika sedang di charge, itu akan bertambah panas ketika disimpan di tempat yang empuk. Oleh karena itu, simpanlah hp ditempat yang keras seperti meja atau lantai ketika sedang di charge.

Nah, itulah 4 Hal yang Di Larang Ketika Charge HP. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.