Intel sekarang tertarik untuk mendorong sistem operasi Windows  dan Android dapat di pakai pada PC. Tapi Anda tidak perlu membeli PC yang baru untuk melakukan hal ini, Anda dapat menjalankan aplikasi Android dan bahkan sistem operasi Android pada PC yang Anda punya saat ini.

Hal ini memungkinkan Anda untuk menggunakan ruang fasilitas Android dari aplikasi berbasis sentuhan pada sentuhan-enabled laptop Windows dan tablet. Tentu saja, proses ini lebih menarik daripada harus membeli perangkat yang berbeda karena ini hanya cukup bermodalkan 1 PC.

BlueStacks

4 Cara Menjalankan Aplikasi Android di PC

BlueStacks saat ini cara terbaik untuk menjalankan aplikasi Android di Windows, ini tidak akan men switch sistem operasi Anda. Sebaliknya, aplikasi Android ini berjalan dalam jendela pada desktop Windows Anda, hal ini memungkinkan Anda untuk menggunakan aplikasi Android seperti program lainnya. BlueStacks juga termasuk dukungan untuk memudahkan instalasi aplikasi dari Google Play, sehingga prosesnya dapat berjalan semulus mungkin

Solusi ini bukan hal yang buruk yang  dapat menggantikan Windows dengan Android, justru memberikan solusi yang memungkinkan Anda untuk dual boot Android dengan Windows. Ini hanya solusi untuk menjalankan aplikasi Android di Windows.

Aplikasi yang serupa ada YouWave dan Windroy tetapi BlueStacks yang paling recomended karena kecepatan dan kemudahan untuk instalasi aplikasi

Official Android Emulator

4 Cara Menjalankan Aplikasi Android di PC

Google menyediakan sebuah Official Android Emulator sebagai bagian dari SDK Android. Anda dapat menggunakannya untuk menjalankan sistem operasi Android di komputer yang ada. Ini dapat memberikan Anda akses lengkap untuk seluruh sistem operasi Android.

Sayangnya, Official Android Emulator  agak lambat dan bukan merupakan pilihan yang baik untuk penggunaan sehari-hari. Ini berguna jika Anda ingin menguji aplikasi atau bermain dengan versi terbaru dari Android, tapi Anda tidak ingin benar-benar menggunakan aplikasi atau bermain game di dalamnya.

Untuk memulai dengan Emulator Android, download Google Android SDK, buka program SDK Manager, lalu pilih Peralatan> Manage AVDs. Klik tombol New dan menciptakan sebuah Virtual Device Android (AVD) dengan konfigurasi yang diinginkan, kemudian pilih dan klik tombol Start untuk memulai itu.

Android-x86

4 Cara Menjalankan Aplikasi Android di PC

Android-x86 adalah sebuah proyek komunitas untuk pelabuhan Android untuk platform x86 sehingga dapat berjalan secara native pada prosesor Intel dan AMD, yang memungkinkan Anda untuk menginstal Android pada laptop atau tablet seperti dengan OS Windows atau Linux. Aplikasi menyediakan cara untuk menjalankan Android pada daya rendah netbook

Ingatlah bahwa aplikasi ini tidak stabil. Anda harus ekstra hati-hati ketika menginstal pada perangkat keras fisik.

nxAndroid Intel Architecture

4 Cara Menjalankan Aplikasi Android di PC

Intel mengembangkan distribusi mereka sendiri dari Android untuk PC berbasis Intel baru dengan UEFI firmware, ini bernama Android pada Intel Architecture, atau Android -IA. Intel bahkan menyediakan installer yang dapat Anda gunakan untuk menginstal Android pada perangkat Windows 8 Anda. Installer akan menanyakan apakah Anda ingin mempertahankan Windows dalam skenario dual-boot?

Ingatlah bahwa aplikasi ini tidak stabil dan hanya bekerja pada perangkat Samsung XE700T, Acer Iconia W700,  Lenovo X220T dan perangkat X230T. Aplikasi ini benar-benar menarik karena sedang didorong oleh Intel sendiri.

Pilihan ini tidak untuk pengguna biasa, tapi mungkin akan menjadi lebih stabil dari waktu ke waktu. Untuk informasi lebih lanjut, konsultasikan Download Intel, Quick Start, dan halaman Devices.

Jika Anda benar-benar ingin menjalankan aplikasi Android pada komputer Windows Anda, yang pling recomended yaitu BlueStaacks karena itu yang paling mudah, slickest dan pilihan yang paling stabil.

Dalam jangka panjang, Android pada Intel Architecture dan aplikasi Android-x86 dapat membuat Android lebih mudah untuk menginstal dan digunakan pada lebih banyak jenis perangkat keras. Mereka bisa memberikan cara mudah untuk dual boot Android dan Windows, atau bahkan menggantikan Windows dengan Android. Untuk saat ini, aplikasi – aplikasi ini tidak dianjurkan kecuali Anda telah mendukung hardware – dan Anda harus berhati-hati bahkan jika Anda melakukannya.